Bermain Ayun Terbang dengan Si Kecil

VIVAnews - Dunia si kecil adalah dunia bermain. Untuk itu sebagai orang tua Anda harus selalu kreatif membuat berbagai hal menjadi sebuah bentuk permainan. Dengan bermain bersama si kecil, ia tidak hanya akan menjadi anak yang periang tetapi juga mendekatkan hubungan Anda dengannya.

Sebenarnya anak sudah bisa diajak bermain sejak usia 0 bulan. Untuk membuat permainan seru, Anda tidak perlu membeli mainan mahal. Gunakanlah barang-barang yang ada dirumah menjadi sebuah permainan. Bahkan hanya dengan memanfaatkan anggota tubuh, Anda pun sudah bisa membuat permaianan.

Salah satu permainan yang bisa Anda lakukan bersama si kecil adalah permainan Ayun Terbang Tinggi. Permainan ini ditujukan untuk anak usia 6 hingga 8 bulan. Menurut buku "Menu Sehat dan Permainan Kreatif Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak" yang ditulis oleh Ayu Bulan Febry S.Km dan dr. Zulfito Marendra, anak usia 6 hingga 8 bulan suka sekali dengan sensasi ketika tubuhnya terangkat dan terayun ke udara. Mereka pun akan tertawa senang dengan permainan ini.

Peralatan yang dibutuhkan pun hanya matras, atau Anda bisa melakukannya di tempat tidur. Cara bermainnya yaitu :

1. Berbaringlah telentang di atas matras, jaga agar tubuh Anda tetap dalam posisi yang lurus. Kaki diangkat ke atas dan ditakuk sejajar.

2. Angkat si kecil dan letakkan di atas kedua kaki Anda. Posisi bayi menghadap ke arah Anda.

3. Pegang lengannya atau bahunya, sementara biarkan kakinya bergerak bebas.

4. Perlahan-lahan gerakkan tungkai Anda dengan gerakan yang berirama biarkan si kecil merasa nyaman dengan posisi baru.

5. Anda bisa bernyanyi atau bersenandung agar si kecil merasa riang. Ajak si kecil untuk menirukan nyanyian yang Anda senandungkan.

6. Saat si kecil sudah merasa aman dengan posisinya, gerakkan tungkai Anda ke atas untuk membuat ia terbang ke angkasa.

7. Ulangi kembali mengayun dan menerbangkan si kecil.

Manfaat dari permainan ini cukup banyak antara lain melatih keseimbangan si kecil, melatih koordinasi dan kendali tubuh, membangun kedekatan dan interaksi sosial, membangun kepercayaan dan melatih kemampuan berbahasa dengan lagu yang Anda nyanyikan. Dengan permainan sederhana, Anda dan si kecil mendapatkan banyak manfaat. Jadi, tunggu apalagi, segera ajak si kecil untuk bermain.

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva
Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 28 Maret 2024. Salah satunya tentang Sandra Dewi yang kena hujat netizen karena suaminya jadi tersangka kasus dugaan korupsi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024