Rangkaian Teror di Tambang Emas Freeport

"Penembakan Bukan Soal Rebutan Polri-TNI

VIVAnews - Rentetan penembakan terjadi di jalur Timika-Tembagapura mulai Sabtu 11 Juli 2009. Pelaku yang merupakan kelompok bersenjata tak dikenal menggunakan senapan kaliber 55, seperti yang digunakan tentara dan polisi.

Apakah penembakan di Freeport ada hubungannya dengan perebutan kendali keamanan di wilayah tambah emas? "Tidak ada, bukan masalah Polri pegang kendali [keamanan], TNI dan Polri melaksanakan tugas sesuai koridor dan payung hukumnya," kata Wakil Juru Bicara Polri, Brigadir Jenderal Sulistyo Ishak di Markas Besar Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Rabu 15 Juli 2009.

Kata Sulistyo, dugaan-dugaan mengenai siapa di balik penembakan tidak bisa dijadikan acuan. "Kami belum bisa identifikasi dari kelompok mana, hasil olah TKP dan laboratorium forensik nanti akan diketahui. Kesulitan kita di kondisi geografis," tambah dia.

Memperhatikan eskalasi politik di Papua, polisi akan menggelar operasi khusus, dibantu TNI.

Insiden penembakan oleh kelompok bersenjata terjadi di kawasan perusahaan pertambangan PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Papua, Sabtu pagi 11 Juli 2009. Serangan atas mobil dengan nomor seri LWB 01.2587 itu terjadi pada pukul 5.20 waktu setempat. Satu warga Australia, Drew Nicholas Grant (29) tewas dalam insiden tersebut.

Pada Minggu 12 Juli 2009 dikirim tim untuk melakukan olah TKP di mile 52 Tembagapura, Papua. Polri yang terdiri dari pasukan Brimob dan Densus 88, saat tiba di Mile 51 sekitar pukul 10.45 WIT, pasukan tersebut diserang kelompok tak dikenal dari arah kanan dan kiri jalan dengan senjata api.

Anggota Densus 88, Iptu Adam Heri Gunawan terkena luka tembak di paha kiri dan AKP Anggun terkena serpihan pada jari tangan dan langsung dievakuasi ke RS Tembagapura.

Penembakan juga terjadi keesokan harinya, Minggu 12 Juli 2009, sasarannya konvoi logistik. Seorang petugas keamanan Freeport, Markus Rattealtewas tewas dalam kejadian tersebut. Pada Senin 13 Juli 2009, seorang anggota Provost Satuan Tugas Amole Polda Papua, Bripda Marson Freddy Patiteikoni ditemukan tewas di jurang.

Penembakan belum berakhir, pada Selasa 14 Juli 2009 sekitar pukul 15.30 WIT mobil yang sedang melaju dengan kecepatan sedang berisi penumpang sejumlah karyawan Freeport di berondong sejumlah tembakan.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya
Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024