Emas dan Properti Pilihan Investasi Aman


VIVAnews - Dampak dari krisis ekonomi global bagi Indonesia berpotensi terasa hingga akhir 2009. Agar aman, pelaku pasar perlu mewaspadai sedasyat apa dampaknya terhadap investasi. Selanjutnya, investasi apa yang aman di masa krisis.

Sebelum menentukan jenis investasinya, Perencana Keuangan Aidil Akbar Madjid memprediksi, krisis ekonomi yang ditimbulkan Amerika Serikat (AS) kemungkinan akan membaik seusai pemilihan presiden AS.

Namun pada saat itu, kondisi dalam negeri Indonesia akan berlangsung pemilihan umum (Pemilu) sehingga krisis baru bisa mereda pada semester II-2008. “Pemilu di dalam negeri juga perlu diperhatikan untuk berinvestasi,” tandasnya.

Nah, untuk menghadapi situasi yang belum menentu, Aidil menyarankan pemilik dana untuk berinvestasi pada emas batangan atau properti hunian (landed house).

Aidil mengungkapkan, investor yang berorientasi jangka panjang bisa mengoleksi emas batangan. Investasi ini relatif aman karena pergerakannya tidak tergantung pada fundamental dalam negeri.

Sedangkan, investasi di sektor properti yang cukup aman adalah properti hunian seperti rumah tinggal dan rumah toko (ruko) atau landed house. Investasi pada apartemen kurang efektif karena investor hanya memiliki hak guna bangunan.

Walau begitu, dia mengingatkan investasi di sektor properti perlu mempertimbangkan kenaikan suku bunga. Pasalnya, pembayaran properti saat ini mayoritas dilakukan dengan sistem kredit. Padahal, kenaikan suku bunga akan menurunkan tingkat kredit dan pada akhirnya memperlambat pertumbuhan pembangunan dan sektor riil.

Namun, dia mengingatkan kenaikan suku bunga saat ini sudah cukup mengkhawatirkan. Dampaknya akan terjadi pada perkantoran dan apartemen karena sudah kelebihan pasokan (over supply). Jadi, masyarakat juga perlu memperhatikan harga apartemen yang kini sudah sangat tinggi.

Meski begitu, Aidil menambahkan saham dan reksa dana juga masih menjadi investasi yang menarik. Hal tersebut dipicu oleh penurunan harga saham yang memeri peluang bagi investor.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang
Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024