Inilah Sperma Buatan Para Ahli Inggris

VIVAnews - Tim ilmuan dari Inggris, Rabu 8 Juli 2009, mengaku berhasil menciptakan sperma manusia dari embrio sel induk (stem cell). Mereka berharap penemuan itu suatu saat bisa membantu pria yang mandul untuk menghasilkan keturunan dengan pasangan hidupnya.

Ketua tim peneliti, Profesor Karim Nayernia dari Universitas Newcastle, menilai bahwa penemuan yang masih bersifat dini itu bisa menjadi terobosan untuk mengatasi masalah kaum pria mandul sehingga bisa memiliki sperma yang sehat untuk menghasilkan anak kandung.

Penelitian itu dilakukan oleh Universitas Newcastle dan Univeritas NorthEast England yang dipublikasikan dalam jurnal "Stem Cells and Development."

Menurut Nayernia, stem cells bisa menjadi sel apapun di dalam tubuh. Tim peneliti sebelumnya berhasil merubah stem cells menjadi berbagai entitas baru, diantaranya sel dari otak, pankreas, jantung, dan pembuluh darah. Maka stem cells bisa dibentuk menjadi sel sperma
   
Namun, sejumlah kalangan masih meragukan temuan tim Nayernia. Menurut mereka sel sperma yang diciptakan tidak benar-benar sempurna. "Saya tidak yakin dengan data dari paper itu bahwa sel yang diproduksi tim Profesor Nayernia dari embrio stem cells bisa secara akurat menjadi 'spermatazoa,'" kata Allan Pacey, pengamat dari Universitas Sheffield.
 
Menurut Pacey, sperma yang diciptakan Nayernia tidak memiliki bentuk, pergerakan, dan fungsi yang spesifik layaknya sperma normal. Sedangkan peneliti dari Universitas Cambridge, Azim Surani, temuan Nayernia itu "masih jauh untuk disamakan dengan sel sperma otentik." 
 
Nayernia mengatakan bahwa sel-sel dari stem cells itu "menunjukkan semua karakteristik sperma." Namun, untuk saat ini timnya hanya bermaksud "membuka lahan bagi penelitian baru" mengingat temuan mereka masih bersifat dini.  
 
Namun Robin Lovell-Badge dari National Institute of Medical Research menilai bahwa kendati masih ada keraguan, temuan tim Nayernia itu bisa jadi menunjukkan kemajuan dalam menciptakan sperma manusia dari embrio sel. (AP)

Strategi Perumnas Gandeng Telkomsel Sasar Pasar Hunian bagi Milenial dan Gen-Z

· Menurut penghitungan quick count  SBY-Boediono menang. Benar atau salah? Dapatkan SMS data suara Pilpres 2009 dari tabulasi resmi KPU. Updated 2 kali per hari hingga pengumuman pada 27 Juli 2009. Ketik REGHASIL kirim ke 9386. Hanya Rp 1000/SMS"

·  Untuk mengenang kepergian Michael Jackson, aktifkan RBT Michael Jackson sekarang juga DI SINI

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Istana Tegaskan Jokowi Tidak Ada Agenda Kunjungan Kerja ke Surabaya

Pelaksana Tugas Deputi Protokol dan Pers Media Istana Presiden, Yusuf Permana menegaskan tidak ada jadwal Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kunjungan kerja ke Surabaya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024