Lahirnya Perserikatan Bangsa-Bangsa

Pada 24 Oktober 1945, Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) resmi berdiri setelah 29 negara anggota meratifikasi Piagam PBB di Washington, AS. Sebelumnya, pada 26 Juni 1945, 50 negara menandatangani Piagam PBB di San Fransisco pada Konferensi Organisasi Internasional PBB.

PBB awalnya didirikan untuk mencegah terjadinya perang di masa depan serta menjaga perdamaian dan keamanan dunia. Nama Perserikatan Bangsa-Bangsa sendiri digagas oleh Presiden AS Franklin D Roosevelt dan mulai digunakan pada 1 Januari 1942 dalam Deklarasi PBB.

Bawaslu Ultimatum Jajaran Tak Main Mata Dalam Proses Rekrutmen Panwascam Pilkada 2024

Saat itu 26 negara sekutu sepakat untuk bersatu melawan negara-negara Poros Tengah. PBB terdiri dari enam badan: Sidang Umum, Dewan Keamanan, Dewan Sosial dan Ekonomi, Dewan Perwalian, Mahkamah Internasional, dan Sekretariat.

Sidang Umum pertama PBB berlangsung pada Januari 1946, dihadiri 51 negara. Saat ini PBB beranggotakan 192 negara. Hanya Vatikan dan Taiwan yang sejauh ini belum terdaftar sebagai anggota PBB.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron

Syamsuddin Haris Heran Albertina Ho Dilaporkan ke Dewas, Sindir Dugaan Etik Nurul Ghufron

Pimpinan KPK Nurul Ghufron melaporkan Albertina Ho terkait dugaan penyalahgunaan wewenang. Abertina dilaporkan Ghufron ke Dewas KPK.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024