Industri Mebel Akan Kehilangan US$900 Juta

VIVAnews - Industri mebel Indonesia diprediksi kehilangan US$900 juta pada 2009. Angka tersebut merupakan realisasi ekspor mebel ke Amerika Serikat hingga kuartal III 2008.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

"Sedangkan total ekspor mebel Indonesia mencapai US$2,7 miliar dengan ekspor terbesarnya ke Amerika Serikat," kata Ketua Asosiasi Meubel Indonesia (Asmindo) Ambar Tjahyono di PRJ Kemayoran, Selasa, 21 Oktober 2008.

Sementara itu, ekspor terbesar kedua ke Eropa dengan nilai ekspor mencapai US$800 juta.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

Menurut Ambar, permintaan ekspor ke Amerika Serikat yang mulai menurun akibat terjadinya penundaan menjadi penyebabnya. "Saat ini sudah ada lima perusahaan yang mengeluh 80 persen ekspornya di tunda ke Amerika Serikat," jelasnya.

Selain itu, tambah dia, industri mebel juga masih terganjal likuiditas perbankan mengingat aliran kas perusahaan dipastikan macet. "Belum lagi masalah pajak yang menjadi penerimaan utama negara," tambahnya.

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

Ambar mengatakan, Asmindo meminta pemerintah segera menyusun rencana aksi untuk melindungi dunia usaha, termasuk jaminan L/C bisa cair. "Hasil transaksi ekspor impor kan berbentuk L/C, pemerintah harus menjamin pencairannya," ujarnya.

Dia mengakui, pihaknya menuntut pemerintah segera melakukan aksi karena industri mubel merupakan industri berbasis massa besar. Tercatat, industri itu mempekerjakan 11-12 juta karyawan. Bahkan, kontribusi pada pertumbuhan ekspor cukup tinggi, yaitu mencapai 40 persen dengan nilai ekspor hingga US$2,7 miliar. "Saya yakin pertumbuhan industri ini tetap pada angka 10 persen," kata Ambar yang mengaku belum mengkoreksi angka tersebut meski kondisi perekonomian global sedang dilanda krisis.

Optimisme juga terlihat ketika Ambar mengumumkan Asmindo akan mengadakan pameran mebel internasional bertajuk International Furniture & Craft Fair Indonesia (IFFINA) 2009 pada tanggal 11-15 Maret 2009 di PRJ Kemayoran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya