Catatan dari Muara Angke

Misi Fotografi untuk Berbagi

Fotografi adalah hobi yang lumayan menarik, karena setidaknya memadukan 3 hal sekaligus. Pertama, menjadi motivasi untuk menambah persahabatan. Kedua, menjadi motivasi untuk menguasai teknologi terkini, khususnya di bidang digital dan multimedia. Ketiga, menyediakan celah bagi kita memahami keadaan masyarakat sekitar.

Khawatir Ada Aksi saat Putusan Sengketa Pilpres, TKN Siapkan Satgas Khusus

Keterpaduan 3 hal ini yang aku rasakan saat bergabung dengan komunitas MIF dalam sebuah misi kecil ke Muara Angke, Jakarta Utara. MIF, singkatan dari Muslim Infocom Foundation, adalah sebuah grup kecil yang bergerak dalam proyek beasiswa dari karyawan ataupun pengusaha yang berkiprah di industri Infocom --- Information and Communication Technology.

MIF membuka diri untuk penggalangan dana dari donatur yang berminat, mulai dari Rp 1.000 per hari sampai Rp 20.000 per hari. Grup untuk kegiatan pengembangan masyarakat iniĀ  bisa ditemukan melalui Facebook Group di :

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

http://www.facebook.com/group.php?gid=78282753479

Kamis, 21 Mei 2009, beberapa fotografer bergabung dalam misi kecil MIF ke Muara Angke, yang direncanakan untuk melakukan interview dengan calon penerima beasiswa di kawasan nelayan tersebut. Dalam misi ini kita bertemu tokoh-tokoh pemuda setempat, dan juga calon penerima beasiswa.

Legeenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Kegiatan ini menjadi sebuah pengalaman menarik di mana fotografi tidak selalu bermakna kemewahan, atau hura-hura dan hedonisme. Melalui kegiatan fotografi bisa memicu kita meningkatkan semangat berbagi. Beberapa titik juga menjadi bidikan di antaranya tempat pengeringan ikan, tempat pengolahan kerang dan tempat di mana Sungai Ciliwung bertemu dengan laut. Misi ini sangat menarik, dan akan terus dilanjutkan ke daerah-daerah lain yang menjadi target pengembangan MIF, seperti Bantar Gebang dan Cisarua. Di daerah-daerah ini, MIF merencanakan penyaluran beasiswa sebesar Rp 100.000 per bulan.

Situasi bangunan Pasar Kutabumi telah dibongkar

Pembongkaran Pasar Kutabumi Diwarnai Kerusuhan, Sejumlah Orang Mengalami Luka-luka

Pembongkaran Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, kembali diwarnai kerusuhan, Jumat, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024