Perubahan Strategi

Foxconn Akan Berhenti Bikin VGA Nvidia

Menurut berita yang dilansir oleh X-bit labs, seorang sumber yang tidak ingin disebutkan identitasnya menyatakan bahwa dalam waktu dekat, Foxconn akan berhenti memproduksi kartu grafis berbasis chip GeForce buatan Nvidia. Yang menarik adalah, apakah salah satu produsen komponen terbesar itu akan beralih untuk membuat sendiri kartu grafis Radeon dari ATI (AMD) atau meningkatkan sahamnya di produsen VGA lain seperti Leadtek Research dan Tul Corporation.

Rumor seputar Nvidia yang ditinggal oleh beberapa partner utamanya sendiri sudah beredar selama beberapa waktu belakangan. Akan tetapi, berhubung kejadian seputar strategi bisnis biasanya tidak dipublikasikan, tidak jelas siapa saja dari produsen VGA Nvidia yang akan berhenti membuat produk GeForce. Demikian pula mengenai siapa saja dari partner-partner tersebut yang mulai membuat VGA Radeon.

Menurut sumber yang merupakan pengamat pasar, Foxconn berhenti membuat VGA berbasis Nvidia GeForce adalah karena beberapa alasan. Pertama, meningkatnya permintaan pasar atas kartu grafis berbasis ATI Radeon HD 4800 series, sementara permintaan atas produk terbaru dari Nvidia menurun. Yang lebih parah, Nvidia sering memberikan supply ke partnernya dalam jumlah yang kurang dari permintaan. Ini membuat partner mereka sulit untuk bersaing dengan kompetitornya. Dampaknya adalah turunnya penjualan kartu grafis dari partner-partner mereka, Foxconn contohnya.

Foxconn sendiri memiliki saham di Leadtek Researh, produsen kartu grafis yang merupakan partner eksklusif Nvidia. Foxconn juga memiliki saham di Tul Corporation, produsen VGA merek PowerColor yang merupakan salah satu partner terdekat ATI. Meskipun sudah “memiliki” taring di industri grafis, tetapi Foxconn jugaa punya kapasitas manufaktur, engineer, dan juga pelanggan dalam jumlah yang cukup besar untuk membuat sendiri produk VGA. 

Di luar Nvidia, hanya ada satu produsen chip VGA, yakni ATI yang merupakan salah satu divisi dari AMD. Meski belum ada informasi resmi apakah sudah ada perjanjian antara Foxconn dengan ATI, tetapi bukan hal yang aneh jika dalam waktu dekat ini Foxconn mulai memproduksi VGA berbasis ATI, bukan Nvidia. Ketiga pihak yang terkait, baik Foxconn, Nvidia, dan ATI belum memberikan konfirmasi mengenai seputar rumor ini.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024