Kontroversi Kematian David Hartanto Widjaja

Rekaman Video David Lompat Diri Diperlihatkan

VIVAnews - Seorang mahasiswa Nanyang Technological University (NTU) menunjukkan rekaman saat David Hartanto Widjaya- mahasiswa Indonesia yang diduga menusuk dosen pembimbingnya lalu bunuh diri, berada di lantai empat gedung di kampusnya sebelum dia melompat turun, 2 Maret 2009.

Biadab! Israel Eksekusi Anak Palestina Beramai-ramai dari Usia 4-16 Tahun

Video tersebut direkam menggunakan telefon selular milik saksi Lin Zhenxing di sidang pengadilan koroner Singapura, Senin 25 Mei 2009.

Seperti David, Lin juga mahasiwa tingkat akhir jurusan elektronik dan elektro NTU. Saat itu, Lin sedang menunggu lift di lantai empat Research Techno Plaza, dengan seorang rekan, sekitar pukul 10.30 pagi pada 2 Maret. Dia melihat David berada di atas atap kaca di atas jembatan yang menghubungkan kampus dengan bangunan Research Techno Plaza.

Seperti dikutip dari laman harian The Straits Times, dalam video berdurasi delapan detik yang diajukan di pengadilan tersebut, gambar bergoyang dan agak buram tersebut menunjukkan satu orang yang tampak seperti David duduk di atap di atas jembatan. lengan kanan dan kaki orang tersebut berlumuran darah, dan celana serta bagian depan kaos yang dia kenakan tampak basah karena darah. Dia lalu melihat ke bawah, lalu melompat.

Video tersebut diekstrak dari kartu memori telefon selular Lin dan diberikan kepada polisi segera setelah peristiwa terjadi yang menimpa David terjadi. Dengan menggunakan kursi, Lin juga mendemonstrasikan cara David melompat. Lin mengatakan, dia menghentikan proses merekam setelah David melompat, untuk memanggil petugas keamanan kampus.

Empat mahasiswa lain dan staf laboratorium juga dihadirkan sebagai saksi hari ini. Mereka menceritakan cara David merangkak ke atap jembatan dan menjatuhkan diri ke bawah.

Saat istirahat sidang, kepada harian The Straits Times, ayah dan kakak David mengatakan bahwa mereka tidak percaya kalau lelaki di dalam video itu adalah David. Mereka mengatakan, video tersebut tidak jelas dan bentuk badan dari lelaki itu tidak tampak seperti bentuk badan David. Ayah David, Hartono widjaya mengatakan akan melibatkan ahli forensik untuk melihat video tersebut.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, dalam acara pemusnahan 11 jenis komoditi impor ilegal dengan nilai pabean mencapai Rp 9,33 miliar, di wilayah Citereup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 28 Maret 2024.

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

Zulhas menegaskan, barang-barang impor memang seharusnya dikenakan pajak saat masuk ke dalam negeri.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024