Resesi Ekonomi Global

Pemerintah Perkuat Pasar Domestik

VIVAnews -- Pemerintah akan memperkuat pasar domestik guna menghadapi kelesuan ekonomi akibat resesi ekonomi global.

"Kami berusaha memperkuat pasar domestik," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Paskah Suzetta seusai mengikuti rapat koordinasi para menteri bidang perekonomian di Jakarta, Senin malam, 20 Oktober 2008.

Langkah-langkah yang akan diambil pemerintah, menurut dia, antara lain dengan merevisi kebijakan upah dan memperbaiki regulasi yang sudah ada. "Kita kan tahu kondisi ekonomi sedang krisis sehingga kita perlu memperkuat pasar domestik," ujarnya.

Dalam rapat ini, dia menekankan pemerintah menyinggung soal Keputusan Presiden nomor 80 tentang kewajiban untuk memakai produksi dalam negeri. "Tapi masih dibahas, nanti akan diumumkan secepatnya," katanya.

Khususnya terkait dengan penggunaan barang-barang pemerintah, menurut dia, sudah diatur dalam Keputusan tersebut. "Pada dasarnya itulah regulasi yang akan diperbaiki," paparnya.

Sedangkan mengenai kebijakan pengupahan, menurut dia, masih dibahas oleh menteri terkait seperti Menteri Tenaga Kerja. Rencananya, pemerintah kemungkinan akan membuat Surat Keputusan Bersama. "Bukan berupa Inpres atau Keppres."

Advokat Arif Edison Divonis 1 Tahun Penjara, Ini Tanggapan Jhon LBF dan Machi Achmad.
Menteri Kabinet Indonesia Maju Buka Puasa Bersama Presiden Jokowi di istana

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Wakil Presiden Maruf Amin dan Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 20

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024