Exxon Siap Pasok Gas ke Pupuk Iskandar Muda

VIVAnews - PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) akan melakukan kerjasama operasi (KSO) dengan perusahaan minyak dan gas asal Amerika, ExxonMobil, pada 2009 mendatang.

Direktur Utama PIM Mashudianto mengatakan, ExxonMobil akan memasok gas untuk pabrik pupuk BUMN itu. Rencananya, pasokan gas akan dialirkan ke pabrik PIM yang operasinya berhenti akibat kekurangan bahan bakar.

Kerjasama ini awalnya dengan Petronas, namun terjadi pengalihan atau swap dengan Exxon. Sayangnya, Mashudianto enggan menyebutkan harga beli gas tersebut. 


Mekanisme swap ini membuat Petronas harus memasok langganan Exxon, yaitu Korea Gas (KoGas). Sedangkan Exxon yang selama ini memasok KoGas, akan berganti memasok gas ke PIM.

Dalam kerjasama ini Petronas akan mendapatkan pupuk dari PIM. Namun sebaliknya, Petronas harus memberikan processing fee pupuk kepada PIM. "Dalam processing fee tersebut termasuk di dalamnya biaya operasional, gaji, bunga, dan penyusutan," katanya. 

Sehingga proyek ini tidak memiliki risiko tinggi karena gas dibiayai Petronas. "Ini upaya untuk mengoptimalkan pabrik yang tidak beroperasi saja," imbuhnya.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share
PM Georgia, Irakli Kobakhidze (Doc: Anadolu Ajansi)

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Perdana Menteri Georgia Irakli Kobakhidze mengadakan buka puasa bersama atau makan malam berbuka puasa, pada Kamis, 28 Maret 2024, di Ibu Kota Tbilisi, bersamaan Ramadhan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024