Mantan PM Thailand Idap Kanker Hati

VIVAnews- Mantan Perdana Menteri (PM) Thailand, Samak Sundaravej, akhirnya mengaku bahwa dia mengidap kanker hati. Operasi laser telah dilakukan dan saat ini Samak sedang menjalani perawatan pasca-operasi. Demikian ditulis harian The Bangkok Post, Minggu, 19 September 2008.

Samak dibawa ke Rumah Sakit Bumrungrad tanggal 2 Oktober 2008 di tengah rumor yang beredar bahwa mantan PM berusia 73 tahun tersebut mengidap kanker. Namun pada saat itu pihak rumah sakit menolak memberikan komentar.

Rumor tersebut kemudian dibenarkan sendiri oleh Samak. Adalah seorang jurnalis televisi bernama Krissana Chairat sebagai pihak luar yang pertama kali mengetahui bahwa Samak menderita kanker. Awalnya, Krissana hanya berniat membesuk Samak. Itupun tidak untuk bertatap muka langsung dengan Samak, tetapi hanya menuliskan nama dan pesan di buku tamu yang disediakan bagi para pembesuk. Namun, dia diundang untuk masuk ke dalam ruang perawatan Samak.

Krissana kemudian mengatakan kepada media lokal bahwa Samak memang menderita kanker, tetapi kondisinya tidak separah seperti yang diduga. Samak dijadwalkan akan keluar dari rumah sakit tanggal 25 Oktober 2008.

Masih menurut Krissana, Samak dilarikan ke rumah sakit tanggal 2 Oktober lalu setelah mengeluh sakit di daerah perut sejak akhir bulan September. Diagnosa dokter mengatakan bahwa Samak menderita kanker hati stadium satu. Operasi laser kemudian dilakukan dan berlangsung sukses. Saat ini, Samak sedang menjalani perawatan pasca-operasi. “Samak tampak kehilangan beberapa kilo berat badannya selama dirawat,” kata Krissana dalam program berita di The Nation Channel.

Samak terjungkal dari posisi PM Thailand setelah diperintahkan mundur oleh sidang Mahkamah Konstitusi. Dalam sidang tersebut Samak dinyatakan bersalah melanggar konstitusi karena ketahuan memiliki pekerjaan sampingan sebagai pengasuh acara kuliner di salah satu stasiun televisi. Sebelumnya, para pendukung oposisi Partai Aliansi Rakyat untuk Demokrasi (PAD) menduduki halaman kantor PM sejak bulan Agustus untuk memaksa Samak mundur. Namun aksi tersebut tak mampu membuat Samak menyerah.


 



Ucapkan Selamat Idul Fitri, Megawati Ingatkan Menegakkan Kebenaran dan Keadilan
Prabowo Bertemu Cipung

Kocak dan Gemasnya Cipung Saat Ketemu Prabowo di Malam Takbiran

Rayyanza alias Cipung yang digendong oleh pengasuhnya sus Rini nampak terpaku saat bertemu dengan Prabowo

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024