Dividen 35% Kompromi Mandiri dan Pemerintah

VIVAnews – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengungkapkan dividen PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang ditetapkan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) sebesar 35 persen merupakan hasil kompromi antara perusahaan dan pemerintah.

“Dividen yang diputuskan itu hasil kompromi,” kata Deputi Bidang Perbankan dan Jasa Keuangan Kementerian BUMN, Parikesit Suprapto, ketika dihubungi wartawan, di Jakarta, Senin 4 Mei 2009.

Menurut Parikesit, besaran dividen tersebut telah mempertimbangkan kebutuhan keuangan Bank Mandiri serta kewajiban pembayaran setoran kepada pemerintah selaku pemegang saham mayoritas. Per 31 Desember 2008, kepemilikan saham pemerintah pada Bank Mandiri sebesar 66,97 persen.

Berdasarkan laba bersih Bank Mandiri sebesar Rp 5,31 triliun, total dividen yang dibagikan tahun ini mencapai Rp 1,85 triliun atau Rp 88,55 per saham.

Dengan kepemilikan 66,97 persen itu, pemerintah mengantongi dividen Bank Mandiri sekitar Rp 1,23 triliun. Dana tersebut merupakan bagian dari setoran pemasukan negara dari dividen BUMN yang ditetapkan sebesar Rp 26,1 triliun.

Parikesit menambahkan, keputusan besaran dividen Bank Mandiri tidak sepenuhnya berjalan lancar. Sebab, pemegang saham mayoritas meminta agar setoran dividen diberikan sama seperti tahun lalu yaitu sebesar 50 persen.

“Pemegang saham minoritas akhirnya menerima keputusan itu, karena sebagai warga negara, mereka mengerti bahwa negara saat ini membutuhkan dana,” kata dia.

Namun, dia enggan berkomentar seputar setoran dividen dari tiga bank negara lain, yakni PT Bank Negara Indonesia Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Satu bank BUMN lainnya adalah PT Bank Tabungan Negara.

“Pokoknya setoran dividen dari bank-bank itu dipastikan di bawah 50 persen. Apakah di atas atau di bawah Mandiri, saya tidak bisa mengungkapkan angkanya,” kata dia.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024