Kiva.org

Tempat Virtual Pengusaha Kecil dan Pemodal

Bila kita sedang butuh modal usaha, kalau tidak pergi ke bank, mungkin kita musti pergi ke orang yang sedang kelebihan uang. Tapi kini, cukup perlu duduk di manis depan komputer, lalu mampir ke sebuah situs internet bernama Kiva.org. Apa sih Kiva.org? Ini adalah situs jejaring sosial yang bergerak dalam layanan keuangan mikro. Artinya, inilah tempat berkumpulnya para pencari modal juga investor, untuk menyepakati sebuah pembiayaan usaha berskala kecil.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Misalnya saja, seorang yang berada di Amerika Serikat, yang punya uang 'nganggur'. Lewat Kiva, ia bisa saja menyalurkannya uangnya sebagai pinjaman skala mikro kepada pengusaha yang berada nun jauh di Sudan, salah satu negara miskin di Afrika.

TechCrunch.com, sebuah blog khusus yang mengulas tentang perusahaan pemula di bidang web 2.0, memperkenalkan Kiva.Org sebagai bagian dari kampanye global, melalui Blog Action Day 2008, dengan tema utama kemiskinan .

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona

Pendekatan yang dilakukan Kiva.org memungkinkan seorang investor menyalurkan bantuan keuangan dengan jumlah kecil, walaupun hanya sebesar US$20 atau sekitar Rp.200.000. Bantuan ini diharapkan bisa berguna bagi wirausahawan skala mikro, misalnya untuk dana pengadaan sarana produksi atau modal usaha lainnya.

Ide semacam ini memang bukan yang pertama. Beberapa situs lain juga menawarkan layanan serupa, seperti Microplace.Com, atau aGoodCause.com. Situs-situs ini mewarnai pemanfaatan baru dari teknologi Web 2.0, khususnya jejaring sosial, untuk aksi nyata pemberdayaan masyarakat.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Situs lain yang turut terlibat dalam Blog Action Day 2008 adalah Change.org dan CuaseCast.org. keduanya adalah situs yang bergerak di bidang sosial dan memfasilitasi orang biasa, tokoh, maupun selebritis, untuk turut memecahkan segenap permasalahan sosial di dunia melalui teknologi jejaring sosial.

Di Indonesia, sebuah jejaring keuangan mikro juga pernah dirintis oleh ICMI pada tahun 1996 melalui proyek nasional BMT (Baitul Mal Wa Tamwil), sayang, hingga kini jejaring semacam ini tak pernah kelihatan dalam wujud virtualnya.

Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku masih menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Adanya hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus memasifkan pem

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024