Menhan RI-Australia Bahas Industri Pertahanan

VIVAnews-Pertemuan Menteri Pertahanan Indonesia Juwono Sudarsono dan Australia Joel Fitzgibbon, sepakat meningkatkan kerjasama industri pertahanan. Keduanya juga membahas pentingnya masalah keamanan masing-masing negara.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Pertemuan berlangsung di kantor Departemen Pertahanan Jakarta, kamis 18 september 2008. Dalam keterangannya, Menhan Juwono Sudarsono menegaskan, untuk memperkuat sistem pertahanan wilayah Indonesia, Indonesia harus melakukan kerjasama dengan negara lain untuk menuju kemandirian industri dalam negeri.

"Kita ingin mempunyai kemandirian pertahanan yang kuat di dalam negeri, yang 100 persen kuat. Tapi kita perlu belajar dengan kerjasama dengan negara lain termasuk dengan Australia," kata Menhan Juwono Sudarsono.
 
Juwono mengakui, saat ini, sistem pertahanan Indonesia 70% masih banyak menggunakan produk luar negeri. Sedangkan sisanya lagi menggunakan produk dalam negeri."yah tetapi berangsur-angsur kita gunakan produksi dalam negeri," ujar Juwono.
 
Senada di katakan Menteri Pertahanan Australia Joel Fitzgibbon, bahwa Australia siap bekerjasama dibidang industri pertahanan, sains dan teknologi, serta pendidikan dan pelatihan."Belajar bersama dan menghadapi tantangan masa depan dengan lebih baik," jelas Fitzgibbon.
 
Tidak hanya itu, masalah keamanan juga menjadi topik penting, seperti penanggulangan terorisme baik di Australia ataupun di Indonesia, termasuk kemananan maritim, bantuan bencana dan pejagaan perdamaian,tetap menjadi komitemen kedua negara untuk dipertahankan.
 
Selain Indonesia,rencananya Fitzgibbon akan berkunjung ke Timor Leste. Dalam kunjungannya ke bekas Provinsi Indonesia itu, Fitzgibbon akan melakukan pertemuan dengan pejabat pemerintah dan anggota Angkatan Pertahanan Australia (ADF) yang berada di sana.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024