Strategi Pemasaran

3Com Usung Strategi "Hijau"

Persaingan antar penyedia solusi jaringan di Indonesia semakin kompetitif. Ingin tampil beda, 3Com mengusung strategi "hijau" setelah menurut hasil riset, sejumlah switch 3Com terbukti menghemat energi paling besar.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

"Untuk dapat bersaing dengan vendor networking yang sudah masuk lebih dulu ke Indonesia, kami menerapkan strategi yang berbeda. Kami mengedepankan penggunaan teknologi "hijau" yang hemat energi," ucap Gene Ng, Country Manager 3Com South Asia.

Di antara seluruh vendor penyedia jaringan, 3Com mengklaim dirinya sebagai vendor penyedia switch terhemat energi pada skala global. "Menurut hasil riset In-Stat yang mengkalkulasi tingkat efisiensi energi pada 24-port switch dan 48-port switch dari berbagai portofolio vendor terkemuka, switch local area network (LAN) kami merupakan yang terbaik karena terbukti mampu menghemat penggunaan daya hingga 60 persen dibandingkan vendor lainnya," ucap Gene lagi.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Di Indonesia, target market 3Com adalah ke pasar enterprise. 3Com juga berasumsi bahwa trend pasar SMB perlahan-lahan juga akan mengikuti trend pasar enterprise di sektor networking. Prioritas mereka saat ini adalah mempertahankan layanan terbaik pada pelanggan lama, seperti di sektor pemerintahan, edukasi, dan industri bank. Ke depannya 3Com akan melakukan pendekatan pada sejumlah industri telko, minyak dan gas, dan manufaktur.

3Com, yang sudah bersaing di Indonesia sejak 14 tahun silam dan memiliki klien besar seperti Bank Mandiri, BCA, dan Bank Permata, menyatakan optimistis untuk mampu bersaing dengan para pemain besar yang sudah eksis sebelumnya. "Kami yakin karena seluruh industri kini membutuhkan jaringan. Melihat peluang pasar di Indonesia yang cukup besar, kami merasa cukup optimis bisa bersaing dengan kompetitor lain," Gene.

Terpopuler: Tentang Nafkah Anak Laki-laki yang Sudah Baliqh sampai Masalah Obat Kuat

Posisi 3Com di pasar penyedia solusi jaringan khusus unmanaged switch di Indonesia secara menyeluruh berada di nomor dua, persis di bawah D-Link. Sayangnya mereka tidak bersedia menyebutkan besaran market share. "Di pasar switch Indonesia, kami memiliki ambisi untuk mampu berkompetisi dengan beberapa kompetitor serius, seperti Cisco pada koridor enterprise dan D-Link ataupun Linksys pada koridor consumer-based," tutur Gene.

Untuk meraih peluang, 3Com di Indonesia juga akan menambah jumlah konsultan. Dari lima orang tenaga konsultan yang dimiliki saat ini, mereka berencana untuk menambah tiga orang lagi di awal tahun depan. Jumlah SDM juga akan ditambah bila dibutuhkan.

Parto Patrio

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 26 April 2024. Salah satunya tentang sakit yang diidap Parto hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024