Panglima TNI: Pasukan Hadapi Kondisi Berat

VIVAnews - Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso melepas 175 personel pasukan perdamaian untuk Perserikatan Bangsa Bangsa. Pasukan Kontingen Garuda XII-F yang berasal dari tiga matra (Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara) ini mendapatkan pesan khusus dari Djoko Santoso.

Djoko Santoso melepas pasukan perdamaian PBB ini di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu, 15 Oktober 2008. Satuan tugas Kontinten Garuda XII-F yang dipimpin oleh Mayor Czi Sugeng Haryadi Yogopranowo ini, akan ditugaskan ke Kongo, Afrika.

"Pasukan perdamaian ini di Kongo akan menghadapi kondisi geografis, medan dan cuaca yang berat serta kondisi keamanan yang belum benar-benar pulih dan penyakit malaria," pesan Djoko Santoso dalam pidatonya di hadapan pasukan. Sebanyak 175 personel ini terdiri dari 132 personel dari Angkatan Darat, 36 personel dari marinir, Angkatan Laut dan 7 personel dari Angkatan Udara.

Pengiriman pasukan perdamaian dari Indonesia ini, lanjut Djoko, sudah sesuai dengan alinea ke-4 UUD 195. Yakni, ikut melaksanakan ketertiban dunia dan mendukung UU No 34 tahun 2004 tentang melaksanakan Perdamaian Dunia sesuai dengan Kebijakan Luar Negeri. "Menjaga keselamatan dan keamanan personel sampai kembali ke pangkalan," tambah Djoko.

Pelepasan pasukan ini juga dihadiri semua kepala staf yakni, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Agustadi Sasongko Purnomo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Sumardjono, dan Kepala Staf Angkatan Laut Marsekal TNI Subandrio.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 
Ari Sigit, cucu mantan Presiden Suharto

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Artikel sederet nama perempuan yang pernah menjadi istri cucu Soeharto, Ari Sigit menjadi yang terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id sepanjang Rabu, 24 April 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024