Tidur Lelap Agar Awet Muda

VIVAnews - Tidur adalah kebutuhan bagi semua orang. Sayangnya, tidur nyenyak merupakan hal langka bagi sebagian orang. Apalagi jika Anda wanita sibuk dengan setumpuk kegiatan. Kesibukan membuat Anda mengalami gangguan tidur, salah satunya insomnia. Gangguan tidur ini mungkin sering dialami oleh wanita sibuk seperti Anda. Tuntutan deadline,  tumpukan target kantor, hingga masalah rumah tangga terkadang membuat Anda stres hingga tidak bisa tidur. 

Padahal, pola tidur teratur yang berkualitas dapat membuat Anda awet muda. Menurut David Morawetz, sleep speasialist dari Melbourne, pada saat Anda tidur, ada beberapa hormon yang diproduksi, seperti melatonin yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal di pusat otak. Keberadaan hormon ini diatur oleh keteraturan tidur Anda.

Melatonin dikenal sebagai antioksidan paling ampuh menangkal oksidasi dalam tubuh. Maka itu, sebagai antioksidan melatonin dapat membantu memperbaiki sel-sel dan sistem tubuh yang rusak saat Anda tidur. Karena, selama tidur semua fungsi organ tubuh juga cenderung melamban, pada saat itu sel dan jaringan yang aus dan rusak dipulihkan.

Nah, agar Anda bisa menjalani pola tidur lelap yang berkualitas, simak tips berikut:

Ketahui waktu tidur Anda
Rasa kantuk muncul setiap 60 atau 90 menit sekali. Rasa kantuk itu secara otomatis akan muncul dalam tubuh Anda. Jika tidak merasakan kantuk, berarti Anda tidak mendengarkan alarm otomatis pada tubuh Anda. Hentikanlah semua kegiatan, baik membaca atau menonton, jika Anda sudah merasakan sedikit kantuk. Dengan cara itu, berarti Anda mendengarkan alarm pada tubuh yang memberitahu saatnya untuk tidur.

Bersih-bersih sebelum tidur
Ritual bersih-bersih sebaiknya selalu Anda lakukan setiap hari sebelum tidur. Bersihkan diri Anda seperti sikat gigi, serta cuci tangan dan kaki. Jangan lupa juga untuk bersihkan alat-alat tidur Anda seperti bantal, guling, tempat tidur hingga selimut. Hal itu untuk menyingkirkan debu-debu dan membuat tidur Anda nyenyak dan berkualitas yang akan sangat berguna bagi kesehatan Anda tentunya.

Bangun pada waktu yang sama setiap hari
Anda tidak perlu untuk tidur pada jam yang sama setiap malam. Tetapi, akan sangat baik  bagi tubuh Anda untuk bangun pada jam yang sama setiap hari. Jika Anda bangun pada waktu yang sam setiap hari, tubuh akan membentuk pola tidur. Jika Anda memiliki pola tidur yang teratur, maka tubuh Anda secara otomatis akan memiliki "body clock". Jam dalam tubuh itulah, yang akan membangunkan Anda tanpa harus mengandalkan alarm.

Ingat, ranjang hanya untuk tidur dan bercinta
Usahakan agar ruang tidur Anda hanya digunakan untuk tidur dan bercinta. Jika di kamar tidur Anda terdapat televisi, laptop, radio dan telepon, maka suasana tidur akan terganggu. Aktivitas yang terjadi karena alat elektronik tersebut akan merusak hasrat Anda untuk beristirahat. Jadi, sebaiknya segera jauhkan alat-alat tersebut dari ruang tidur Anda.

Jangan memikirkan masalah berat
Kunci dari tidur nyenyak adalah tidak stres. Usahakan untuk menyelesaikan masalah dalam pekerjaan atau rumah tangga sebelum Anda tidur. Stres selain mengganggu masalah tidur Anda, dapat juga menimbulkan penyakit lain. Jika Anda sedang memiliki masalah berat sebaiknya tanamkan pada diri Anda "Saya sudah memikirkan hal ini seharian, sekarang waktunya untuk istirahat dan saya akan lanjut memikirkannya esok dengan tubuh yang segar"

Utamakan kualitas dari pada kuantitas
Jika Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk tidur gunakanlah sebaik-baiknya. Karena, kualitas tidur akan sangat berpengaruh pada kesehatan Anda dibandingkan dengan kuantitas tidur. Jika Anda terlalu lama tidur pun malah akan menimbulkan sakit kepala. Jadi, manfaatkan waktu
tidur Anda yang sedikit ya!

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri
Suasana Shibuya Scramble Crossing, Tokyo, Jepang, di malam hari.

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan

Kedutaan Besar Jepang membuka tawaran beasiswa kepada siswa-siswi Indonesia lulusan SMA/SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas di Jepang.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024