Bambu, Si Rumput Raksasa

VIVAnews - Saat berjalan-jalan di kebun, kita sering melihat pohon-pohon bambu yang batangnya besar dan sangat kokoh. Karena kekokohan batangnya, banyak rumah-rumah di desa yang memanfaatkan batang bambu.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

Ternyata, bambu termasuk dalam jenis tanaman rumput-rumputan. Rumput dan bambu berada dalam satu famili. Dan, bambu adalah jenis rumput terbesar dalam famili tersebut. Bisa dibilang, bambu adalah kakak terbesar dari rumput-rumput kecil atau juga sering disebut sebagai rumput raksasa.

Bambu banyak tumbuh di Asia, Afrika bagian serta bagian selatan Amerika Africa. Di seluruh dunia ini ada 500 jenis bambu. Semua jenis bambu itu memiliki tekstur yang lembut dan kayunya bisa dibuat melengkung serta kedap air. Sebagian besar bambu berbunga setiap tahun, tetapi ada juga jenis bambu yang berbunga hanya 4 kali dalam 100 tahun.

Bentuk bunga bambu itu seperti rumput. Bambu juga memiliki buah, dan bentuk seperti biji gandum. Lalu, bentuk daunnya runcing dan tidak terlalu lebar. Daun dari pohon bambu merupakan makanan favorit hewan khas China, panda.

Bambu itu tumbuh sangat cepat. Setiap hari rata-rata bambu tumbuh sepanjang 41 cm dan bisa tumbuh lagi sampai 36 meter. Wah, tinggi sekali ya!

Bambu juga sering dimanfaatkan oleh manusia. Seperti untuk membuat panah,rumah bambu atau kursi anyaman. Bahkan di Indonesia, bambu muda atau disebut rebung bisa diolah menjadi makanan lezat.

Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024