RUU MA Disahkan Desember

VIVAnews – Rancangan Undang-Undang (RUU) Mahkamah Agung dan dua RUU lainnya, yakni RUU Komisi Yudisial (KY) dan RUU Mahkamah Konstitusi (MK) dijadwalkan disahkan pada Desember mendatang. Pasalnya, sampai saat ini RUU KY dan RUU MK sampai saat ini belum dibahas. Dalam masa sidang saat ini, yang akan segera reses pada 24 Oktober 2008, Komisi Hukum menyepakati untuk menyelesaikan ketiga RUU tersebut secara serentak.

Terpopuler: Klaim Israel soal Iran Disebut Halu, Ribuan Pendukung Prabowo Siap Jadi Amicus Curiae

Kenyataan ini diungkapkan Ketua Komisi Hukum Trimedya Panjaitan dan anggota Panja ketiga RUU tersebut, Nasir Djamil ketika ditanya wartawan, Senin, 13 Oktober 2008. Menurut Trimedya, Komisi Hukum sudah melakukan rapat internal yang diikuti 27 anggota dari total 49 anggota dan jumlah ini dianggap kuorum. Rapat tersebut tersebut memutuskan bahwa penyelesaian ketiga RUU tersebut dilakukan serentak.

RUU MA disetujui diselesaikan sembari yang dua lainnya juga berjalan dan diharapkan yang dua tersebut sudah sampai pada tim perumus. Karena sudah menyangkut subtansi yang dianggap krusial, misalnya Komisi Yudisial tentang tentang bagaimana mensinkronkan fungsi pengawasan Dewan Kehormatan Hakim. RUU MA sendiri diupayakan dibawa ke rapat paripurna untuk diputuskan (pengambilan keputusan tingkat 2) pada tanggal 24 Oktober yaitu pada masa penutupan masa sidang.

Pujian Shin Tae-yong untuk Australia Meski Dipecundangi Timnas Indonesia U-23

Namun menurut Basir Djamil, anggota Panja ketiga RUU ini dari Fraksi Partai Keadilan dan Sejahtera (FPKS), dalam pembicaraan di rapat tersebut tidak ada agenda yang mendesak. Yang jelas, katanya, RUU MA akan diselaraskan dengan RUU KY. “Namun hingga saat ini baik RUU MK dan RUU KY belum dibahas,  mungkin dalam masa sidang ini pembahasan kedua ruu ini akan dikebut tapi bisa jadi penyelesaian atau tahap finisihingnya dilakukan pada masa sidang yang akan datang,” katanya.

DPR menjalani masa reses pada 24 Oktober 2008 sampai 24 Novemver 2008. “Jadi mungkin Desember ketiga ruu itu disahkan. Mungkin ini implikasi dari Keputusan Presiden tentang pension Bagir Manan terhadap laju perjalanan RUU MA, jadi setelah keputusan presiden, RUU yang semula dibahas agak ngotot menjadi pelan kembali,” kata Nasir Djamil.

Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya
Ilustrasi Zodiak

Ramalan Zodiak Jum’at 19 April 2024, Sagitarius: Teman dekat Mungkin Mengkhianatimu

Ramalan zodiak Jum’at, 19 April 2024. Sagitarius, waspadalah terhadap kemungkinan pengkhianatan dari seorang teman dekat. Jangan ragu mengejar peluang bisnis baru Pisces.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024