Rekening Liar

Menteri Andi Mattalatta: Sebagian Sudah Tutup

VIVAnews - Departemen Keuangan melaporkan ada 66 rekening liar milik Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia. Namun, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Andi Mattalatta, mengaku sulit untuk menutup rekening yang dinilai liar tersebut.

"Ada 66 rekening dan sebagian sudah ditutup," kata Andi saat dihubungi wartawan, Jumat 19 Desember 2008. Menurut Departemen Keuangan, 66 rekening liar di Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia bernilai Rp 56,82 miliar.

Andi mengaku Departemen Hukum dan HAM memiliki rekening seperti di Banque Nationale de Paris (BNP) Paribas dan rekening milik mantan buronan koruptor Hendra Rahardja. "Ada juga yang dari balai harta peninggalan," jelasnya.

Menurut Andi, dirinya mengalami kesulitan untuk menutup rekening yang tersisa. Sebagian besar rekening itu, lanjut Andi, memiliki saldo yang minim. "Ada rekening yang saldonya Rp 4 ribu, tidak usah ditutup juga akan habis sendiri," ujarnya.

Selain itu, permasalahan yang dihadapi adalah rekening koran sudah banyak yang hilang dan pemegang rekening juga sudah ada yang meninggal dunia.

Departemen Keuangan telah menyerahkan surat kepada KPK untuk meneliti 260 rekening liar senilai Rp 314,2 miliar dan US$ 1,1 juta. Dari total rekening liar itu, yang paling tidak transparan adalah Mahkamah Agung. Mahkamah dinilai tidak menyerahkan data yang diminta.

Selain di Mahkamah Agung, rekening liar itu tersebar di berbagai departemen, yakni Departemen Sosial (satu rekening) senilai Rp 29,282 miliar, dua rekening liar di BP Migas senilai US$ 10,702 juta, 32 rekening liar di Departemen Pertanian dan tidak diketahui nilainya, 36 rekening liar di Departemen Dalam Negeri senilai Rp 88,57 miliar dan US$ 51.558, 66 rekening liar di Depkum HAM senilai Rp 56,82 miliar, dan 21 rekening liar di Depnakertrans senilai Rp 139,438 miliar dan US$ 270.573.

Mengenai laporan Departemen Keuangan ini, Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan akan menindaklanjutinya. Jika ada indikasi korupsi, laporan ini akan dinaikkan statusnya.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya
Manchester City

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Duel Brighton vs Manchester City dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express, Jumat 26 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024