Bursa Anjlok

Dana Buy Back Rp 4 Triliun

VIVAnews - Pemerintah menyiapkan dana pembelian kembali saham atau buy back sebesar Rp 4 triliun. Dana itu semula disiapkan untuk proyek infrastruktur strategis.

Dana tersebut, menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani kini tersimpan di Pusat Investasi Pemerintah (PIP). "Dana dalam PIP ini memungkinkan pembelian saham terutama (emiten) yang memiliki nilai bagus," katanya dalam jumpa pers di Gedung Departemen Keuangan, Jakarta, Kamis 9 Oktober 2008.

Namun BUMN mana saja yang berhak menggunakan dana tersebut, pemerintah akan memilih yang memiliki nilai dan fundamental bagus. Karenanya jumlah dana yang dikucurkan untuk setiap BUMN akan berbeda.

Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil menambahkan, BUMN publik yang akan membeli kembali saham diwajibkan menggunakan dana internal. "BUMN tidak boleh menggunakan dana pinjaman untuk buy back saham," tegas dia.

Namun, untuk harga saham yang akan dibeli kembali, akan ditentukan masing-masing BUMN. "Prinsipnya, semua BUMN sudah siap," tegas dia.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan
Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluan, Padang Pariaman, disegel warga

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluang Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman disegel oleh warga setempat, Kades dituduh hubungan sejenis

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024