Amr Zaki, Si Buldoser

VIVAnews - Wigan Athletic agaknya harus segera memantenkan Amr Zaki. Pasalnya, striker Timnas Mesir ini telah mampu membuktikan ketajamannya meski hanya berstatus pemain pinjaman.

Ya, pemain berjuluk Buldoser itu memang telah membuktikan ketajamannya. Torehan lima gol dalam enam laga bersama The Latics menjadi bukti ketajaman pria bernama lengkap Amr Hassan Zaki ini.

Bahkan, torehan itu juga mensejajarkan dirinya dengan striker beken macam Fernando Torres dan Jermain Defoe dalam perburuan Top Skorer Premier League musim ini.

Dibandingkan Torres dan Defoe, nama Amr Zaki memang kurang familiar. Karir Zaki dimulai di klub kecil kota kelahirannya Mansoura pada 2001. Setelah tiga musim membela Al-Mansoura, Zaki memutuskan hengkang ke ENPPI.

Di ENPPI itulah bakat dan talenta striker 25 tahun ini terasah. Terbukti Zaki mampu menjadi top skorer di Liga Mesir pada musim 2004/2005.

Gelar top skorer itu pula yang mengantar Zaki mengenakan seragam Timnas Mesir. Di timnas Zaki mampu mempersembahkan 29 gol dalam 48 laga The Pharaohs.

Di level klub, Zaki akhirnya memutuskan hijrah ke Lokomotiv Moscow pada 2006 lalu setelah sebelumnya juga diminati FC Nantes. Sayangnya, karir Zaki di Moscow kurang bersinar. Ia akhirnya memutuskan kembali ke Mesir bersama klub Zamalek.

Di klub elit Liga Mesir itu, Zaki kembali menunjukkan ketajamannya. The Bulldozer mengoleksi 18 gol dari 34 laga.

Wigan yang mencium ketajaman Zaki akhirnya mengajukan proposal peminjaman pada 22 Juli lalu. Dan pria bertinggi 185 cm ini mampu menjawab tantangan Wigan.

Meski Wigan saat ini hanya mampu berada di peringkat 13 Premier League, namun torehan lima gol dari total sembilan gol The Latics menjadi bukti ketajaman Zaki. Tak ayal jika striker pinjaman ini menjadi pahlawan baru baru JJB Stadium.

Popularitas Zaki kini mulai menggeser rekan senegaranya, Ahmed 'Mido' Hossam yang juga berkiprah di Premier League berkostum Middlesbrough. Mesir jadi pihak yang beruntung karena kini memiliki duet striker tajam.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?
Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Kelompok teroris ISIS baru saja telah merilis sebuah video teror yang mengancam Rusia dan Presiden Vladimir Putin karena menyiksa para anggotanya saat berada di dalam tah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024