Sudah 789 Pemudik Tewas dalam Kecelakaan


VIVAnews- Hingga hari ini, Senin 6 Oktober 2008, angka kecelakaan dalam arus mudik dan balik sudah mencapai 1246. Tercatat 798 pemudik meninggal dunia dalam kecelakaan itu.

Dirlantas Mabes Polri Brigjen Pol Yudi Sushariyanto mengatakan kecelakaan itu merupakan hasil pendataan selama 16 hari Operasi Ketupat yang dilakukan jajarannya sejak H-7 lalu.

Prof Yudan dan Pejabat BPIP Melayat ke Rumah Kayla Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ia memaparkan mayoritas korban merupakan pengendara sepeda motor. "Dalam data kami, ada dua polisi yang menjadi korban tewas kecelakaan selama Lebaran ini, yaitu di Pematang Siantar dan Tol Serang," kata dia saat dihubungi melalui saluran telepon, Senin 6 Oktober 2008. Polisi tewas di Pematang Siantar, jelas Yudi, tertabrak truk saat sedang memasang marka jalan pada 1 Oktober lalu.
 
Ia juga mengungkapkan tingginya kecelakaan roda dua berbanding lurus juga dengan pelanggaran yang dilakukan pengendara kendaraan jenis ini. Sejak H-7 hingga H+4, kata dia, 18.092 pengendara motor ditilang karena melakukan pelanggaran.

Sedangkan, pelanggaran yang dilakukan pengendara mobil masih kecil jika dibandingkan dengan jumlah di atas. Pada periode yang sama, lanjut Yudi, hanya 6000 pengendara mobil yang melakukan pelanggaran.

"Rata-rata pelanggarannya itu seperti tidak pakai helm, membawa penumpang melewati daya tampung dan membawa barang yang berlebihan," jelasnya. Kecelakaan tersebut, lanjutnya, rata-rata terjadi di jalur Pantura dan jalur selatan.  Kecelakaan itu, sambungnya, melibatkan 255 kendaraan berplat hitam alias milik pribadi dan 82 truk.

Hakim Agung Suharto

Pernah Anulir Vonis Mati Sambo, Kabar Majunya Suharto jadi Wakil Ketua MA Dikritisi

Pencalonan Hakim Agung Suharto sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung menuai respons negatif karena Suharto pernah menganulir hukuman mati untuk Ferdy Sambo.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024