Hari Ini, Layanan KTP Mobile di Pisangan Baru

VIVAnews - Sukses menyelenggarakan layanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) keliling di Kecamatan Duren Sawit, Pemerintah Kota Jakarta Timur akan kembali melanjutkan program ini di wilayah lainnya. Yakni, di RW 10, Kelurahan Pisangan Baru, Kecamatan Matraman, pada Sabtu 6 Februari 2010.

Layanan KTP keliling ini untuk mempermudah warga dalam mengurus KTP. Utamanya bagi mereka yang setiap hari sibuk bekerja. Selain itu, layanan ini juga dapat dimanfaatkan para manula (manusia lanjut usia) untuk membuat KTP seumur hidup. Program ini rutin digelar setiap hari Sabtu.

Program ini cukup berhasil dalam membantu warga ibukota. Seperti dalam program layanan KTP keliling di Kecamatan Duren Sawit pekan lalu, sebanyak 250 warga sudah terlayani. Mereka berasal dari enam kelurahan yakni Duren Sawit sebanyak 44 orang, Pondok Bambu 12 orang, Klender 61 orang, Pondok Kelapa 13 orang, Malaka Jaya 32 orang, dan Kelurahan Pondok Kopi sejumlah 88 orang.

Gencarnya program layanan KTP keliling di enam kelurahan itu, setidaknya telah dirasakan oleh masyarakat. Tercatat, dari 250 warga yang mengurus KTP, 60 persen di antaranya adalah manula. Hal ini tentunya sejalan dengan rencana awal Pemprov DKI, yakni layanan KTP keliling ini di antaranya untuk membantu manula dalam memiliki KTP.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Timur Edison Sianturi mengatakan secara umum pelaksanaan program layanan KTP keliling tidak ada masalah. Hanya saja memang faktor cuaca terkadang cukup memengaruhinya. Sebab jika hujan turun, warga yang datang ke loket pelayanan jadi sedikit berkurang. Namun jika tidak hujan, yang datang cukup membludak. Bahkan bisa mencapai tiga kali lipat dari warga yang mengurus KTP di kelurahan.

Lokasi layanan KTP keliling ini dilakukan berdasarkan skala prioritas, yakni daerah yang penduduknya didominasi oleh kaum manula. Karena kegiatan ini harus dilakukan secara menyeluruh di Jaktim. Bahkan pihaknya juga telah melakukan pelayanan KTP door to door khusus untuk manula.

Rencananya, jika program layanan KTP keliling ini berhasil di setiap kelurahan, ke depan Sudin Dukcapil Jakarta Timur akan kembali melancarkan Operasi Yustisi Kependudukan (OYK) di wilayah yang telah dilayani oleh KTP keliling. “Sehingga nantinya tidak ada lagi warga yang mengaku tidak sempat mengurus KTP di kelurahan pada hari kerja karena super sibuk," ujar Edison.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 
Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024