Berkas Kasus ATM Bali Ditangani Mabes Polri

VIVAnews  –  Puluhan tersangka terkait kasus pembobolan dana nasabah di ATM telah ditangkap Mabes Polri di beberapa wilayah di Indonesia, namun belum ada yang dilimpahkan ke Bali.

“Pelaku yang ditangkap masih dalam pengembangan Mabes untuk diungkap jaringannya dan kami juga terus melakukan penyelidikan,” jelas Kepala Kepolisian Daerah Bali, Inspektur Jenderal Sutisna, Kamis 4 Februari 2010.

Sampai sejauh ini pihak Mabes Polri masih terus melakukan pencarian jaringan pembobol ATM. Polri juga berkepentingan memilah kasus per kasus masing-masing tersangka di setiap tempat kejadian perkara (TKP) terjadi.

“Akan dilihat locus delictie-nya kalau memang paling banyak datanya tersebar di beberapa wilayah maka data dibawa langsung ke wilayah dalam hal ini oleh Mabes Polri,” kata dia.

Sutisna mengatakan pengungkapan kasus pembobolan ATM sulit. Sebab, pelaku menggunakan peralatan IT yang canggih sehingga membutuhkan ‘perlawanan’ yang seimbang dari polisi.

“Tidak bisa kalau hanya dilawan secara peralatan sederhana, seperti mengungkap kasus pembunuhan warga Jepang Rika Sano yang memang dilakukan secara konvensional, makanya kita bisa cepat menangkap pelakunya,” jelas perwira menengah bintang dua ini.

Ditambahkan Kepala Kepolisian Kota Besar Denpasar, Komisaris Besar I Gede Alit Widana, semua berkas kasus ATM akan dilimpahkan ke Mabes Polri. “Nanti akan saya tandatangani pelimpahan berkasnya,” kata Alit Widana.

Sampai saat ini jumlah korban yang melapor ada 40 nasabah dengan nilai kerugian mencapai Rp1,2 miliar.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Edward Aritonang mengatakan hingga kemarin jumlah tersangka kasus ATM berjumlah 37 orang.

Khusus Bali, Polri kembali menangkap empat tersangka. Total, tujuh orang tersangka yang sudah ditangkap.

Laporan : Dewi Umaryati|Bali

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024