Steven Spielberg Cerai dari Paramount Picture

Sutradara legendaris Hollywood Steven Spielberg sudah lama menjalin kerjasama dengan Paramount Pictures. Spielberg akhirnya memutuskan untuk 'cerai'. Perpisahan mereka diresmikan Minggu 5 Oktober 2008 lalu. Paramount yang mengumumkan perceraian tersebut menyatakan kedua pihak tetap menjaga hubungan baik.

Rupanya ada tawaran lain yang dinilai sutradara "Jaws" ini lebih menarik. Spielberg yang tak mau ketinggalan tren "Bollywood", gabung dengan Reliance ADA Group, India. Bersama, mereka berusaha menjangkau industri film "Bollywood" yang sedang booming.

Upaya itu dilakukan dengan membentuk perusahaan film baru ala Hollywood senilai US$ 1,5 miliar. Rencananya, mereka akan memproduksi hingga 35 film dalam lima tahun mendatang. Demikian VIVAnews kutip dari AFP, Senin 6 Oktober 2008.

Spielberg akan duduk di kursi CEO. Berdampingan dengan CEO Dreamworks Stacey Snider yang juga hijrah dari tempat lamanya.

Sutradara peraih 3 Oscar ini dibantu oleh David Geffen yang dulu juga bekerja di studio film Dreamworks dalam finalisasi kerjasama. Sementara dari India ada CEO Reliance, Anil Ambani. Ia adalah orang terkaya nomor 6 di dunia tahun 2008 versi majalah Forbes.

Geffen, menurut Paramount, tidak akan bergabung di perusahaan baru ini. Namun mayoritas staf Dreamworks diharapkan akan mendapat tawaran posisi di perusahaan baru  tersebut.

Dari sisi finansial, bank JPMorgan Chase menyediakan dana sekitar US$ 700 juta, dengan tambahan dana dari Reliance sebesar US$ 550 juta. Dana sebesar itu akan digunakan untuk kompensasi Viacom, pemilik Paramount yang membeli studio Spielberg senilai US$ 1,6 miliar pada 2006.

Nantinya Paramount mempunyai opsi untuk pendanaan dan pendistribusian film-film yang diproduksi perusahaan baru tersebut. Kendati Spielberg telah berpisah dari Paramount, ia akan melanjutkan produksi film Transformers dan berkolaborasi untuk tiga film Paramount lainnya. Termasuk remake film fiksi ilmiah "When Worlds Collide".

Perjanjian kerjasama Spielberg-Reliance ini dilihat sebagai tren korporatisasi industri film India yang sedang berkembang. Hal ini sekaligus merefleksikan geliat Bollywood yang merangkak keluar dari pasar tradisional, menuju audiens yang lebih luas.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol
Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024