Mereka yang Untung Akibat Krisis

VIVAnews - Krisis finansial global yang  telah menghancurkan perusahaan-perusahaan raksasa ternyata tidak selamanya berdampak buruk. Setidaknya sebuah survei yang dilakukan Consumer Reports baru-baru ini menyatakan ada beberapa hal positif dari krisis itu.

Consumer Reports mencatat, beberapa perusahaan yang mendapat keuntungan antara lain Chevrolet, Ford, dan Subaru. Ketiga merek ini namanya justru melambung di ingatan masyarakat setelah krisis 2008.

Dalam survei yang bertajuk Persepsi Merek Mobil 2010, Consumer Reports menyatakan ketiga merek ini telah terjadi peningkatan 30 poin bagi persepsi mereka secara keseluruhan selama 2009. Setiap skor dalam survei ini mencerminkan bagaimana konsumen memandang setiap merek dalam tujuh kategori, yaitu keselamatan, kualitas, nilai, kinerja, desain, inovasi teknologi, dan ramah lingkungan.

Namun, survei ini hanya mencerminkan tingkat persepsi konsumen dari sebuah merek di kategori itu. Bukan kualitas yang sebenarnya dari merek kendaraan itu.

Memang, untuk juara persepsi merek masih dipegang Toyota. Namun, akibat krisis ini, persepsi konsumen tentang Ford bisa menyalip Honda yang dulunya di urutan kedua menjadi di urutan ketiga. Ford bisa melenggang ke tempat kedua dengan nilai 141 poin.

Yang mengherankan Chevrolet. Mobil keluaran General Motors ini bisa naik tinggi dari urutan kesembilan menjadi urutan keempat. Sedangkan Subaru melenggang dengan 39 poin dari posisi tahun lalu di urutan 18 menjadi di urutan kesembilan.

Namun, merek-merek terburuk juga dipegang oleh General Motors. Rencana penjualan divisi Hummer dan Saab membuat merek ini turun drastis. Merek-merek mewah lain yang turun pamornya adalah Porsche (-13 poin), Lexus (-15), Cadillac (-15), Infiniti (-21), dan Lincoln (-25). (ConsumerReports.org)


Merek-merek terbaik tahun ini:
Merek            Skor 
Toyota          196
Ford              141 
Honda            135 
Chevrolet        124 
Volvo              92 
Mercedes-Benz 92 
BMW               90 
Cadillac            87 
Subaru             81 
Lexus               80 

Merek-merek terbutuk tahun ini:
Merek            Skor 
Hummer          11 
Saab              13 
Mercury          13 
Mazda            13 
Suzuki            19 
Infiniti            19 
Jeep               22 
Lincoln            26 
Kia                 27 
Mitsubishi        28

Kasus Pemalsuan Surat Lahan, Gubernur Kepri Sebut Bisa Diselesaikan dengan Musyawarah
Seorang pria Palestina membawa mayat seorang anak yang tewas akibat serangan Israel. (ilustrasi)

Biadab! Israel Eksekusi Anak Palestina Beramai-ramai dari Usia 4-16 Tahun

Kesaksian yang terdokumentasi telah dikumpulkan mengenai eksekusi anak-anak Palestina di Gaza oleh pasukan pendudukan Israel di dalam dan di sekitar Rumah Sakit Al-Shifa.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024