2013, Android Bakal Lampaui BlackBerry

VIVAnews - Pada 2013, IDC memperkirakan bahwa jumlah perangkat ponsel pintar (smartphone) akan menembus angka 390 juta unit secara global.

Dalam laporan bertajuk Worldwide Mobile OS 2009-2013 Forecast and Analysis, dikutip VIVAnews, 27 Januari 2010, selama periode 2009-2013, diestimasi pula tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (compound annual growth rate-CAGR) sekitar 20,9 persen.

Pertumbuhan ponsel pintar yang pesat tentu saja kental pengaruhnya terhadap pasar sistem operasi (OS). Sama halnya dengan ponsel, yang tadinya didominasi oleh sejumlah pionir, kini telah bergeser. Biasanya, didominasi oleh Symbian, BlackBerry, dan Windows Mobile, kini hadir OS pendatang baru berstandar terbuka bernama Android. OS bahkan diperkirakan bisa menggeser BlackBerry.

"Kompetisi sengit sistem operasi mobile akan menjadi topik hangat dalam pasar perangkat mobile," kata Stephen D. Drake, vice president Mobility and Telecom, via keterangan resmi IDC.

"Meskipun tampilan dan nuansa dari perangkat masih memainkan peran terpenting dalam membeli perangkat, pilihan sistem operasi dan user interface (UI) juga menjadi parameter berhasil atau gagalnya sebuah produk," tambah Drake.

Dari pandangan pasar IDC selama lima tahun sampai 2013 nanti, ada empat kunci perubahan yang menarik untuk diketahui:

Drama Saipul Jamil dan Ivan Gunawan: Maaf Diterima, Netizen Tetap Geram

- Symbian akan mempertahankan posisi kepemimpinan di seluruh dunia hingga 2013. Hal ini dikarenakan dominasi Nokia yang masih kuat, terutama di pasar luar Amerika Serikat.

- Android akan mengalami pertumbuhan tercepat dari seluruh OS yang ada. Mulai dari 690 ribu unit di 2008, OS besutan Google ini akan meroket hingga 68 juta unit pada 2013 nanti dengan CAGR 150,4 persen.

- Android akan sangat terbantu dengan pertumbuhan ponsel-ponsel yang mengadopsinya, dan diperkirakan akan bertengger di posisi kedua setelah Symbian secara global.

- OS Linux dan WebOS, OS yang digunakan oleh sebagian besar handset Palm, akan berjuang selama periode tersebut. Diestimasi minat pasar terhadap Linux akan turun seiring munculnya Android, namun tidak sampai lenyap dari pasar karena beberapa vendor yang mendukungnya.

Sementara WebOS, kendati tumbuh dengan mantap, akan kesulitan merebut pangsa pasar, yang disebabkan ketersediaan dan penyebaran yang terbatas secara global.

Sinopsis Dear Jo Episode 7, Stefan William Mulai Terus Terang tentang Kondisinya
Ilustrasi minuman dengan bahan alami.

5 Minuman Sehat Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan merupakan proses yang membutuhkan dedikasi dan usaha. Selain pola makan sehat dan olahraga teratur, kualitas tidur yang baik juga berperan penting.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024