Kanci-Pejagan Beroperasi

Saham Bakrieland Menuju Rp 300

VIVAnews - Saham PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) direkomendasikan beli oleh sejumlah analis pasar modal. Akan diresmikannya pengoperasian ruas tol Kanci-Pejagan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini menjadi pemicunya.

"Pelaku pasar akan memanfaatkan momentum beroperasinya Kanci-Pejagan untuk memburu ELTY," kata Robin Setiawan, analis sekuritas di Jakarta kepada VIVAnews, Senin malam, 25 Januari 2010.

Menurut dia, beroperasinya jalan tol Kanci-Pejangan sepanjang 35 kilo meter yang dibangun anak usaha perseroan (PT Bakrie Toll Road) akan memberikan kontribusi besar bagi pundi-pundi Bakrieland. "Apalagi, proyek-proyek properti perseroan juga diminati konsumen," ujar Robin.

Bahkan, Robin mengakui, meski price to earning ratio (PER) terbilang mahal, karena mencapai 45 kali, namun pelaku pasar akan mempertimbangkan pembelian saham grup Bakrie tersebut berdasarkan proyeksi kinerja perseroan.

Dia menambahkan, selain fundamental yang menjanjikan, sisi teknis turut mendukung terjadinya penguatan harga pada ELTY pada jangka pendek ini menuju level Rp 300.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

"Indikator RSI (relative strength index) menunjukkan arah naik dan volume transaksi terus meningkat," ujar Robin.

Purwoko Sartono, research analyst PT Panin Sekuritas Tbk juga berpendapat senada, saham Bakrieland berpotensi menguat di kisaran Rp 300-320 dalam waktu dekat, terkait momentum diresmikannya jalan tol Kanci-Pejagan.

Dia mengakui, dengan selesainya pengerjaan ruas tol yang menelan investasi sebesar Rp 2,2 triliun, kepercayaan pelaku pasar akan saham ELTY terus meningkat dari hari ke hari.

Kedua analis tersebut, merekomendasikan akumulasi beli untuk saham berkode ELTY untuk jangka pendek dan menengah.

Sementara itu, Bakrieland Development menargetkan kontribusi pengoperasian jalan tol Kanci-Pejagan sekitar Rp 200 miliar sepanjang 2010. Ruas jalan tol itu segera dioperasikan pada akhir Januari 2010.

Direktur Utama dan Chief Executive Officer (CEO) Bakrieland Development Hiramsyah S Thaib menuturkan, ruas Kanci-Pejagan akan mengontribusi sekitar 12,5 persen dari pendapatan PT Bakrie Toll Road pada 2010.

"Tahun ini, kami juga membidik lima hingga 10 ruas tol di Jawa dan luar Jawa," kata Hiramsyah saat ditemui di gedung Pacific Place, Jakarta, belum lama ini.

Saat ini, dia menambahkan, perseroan sedang menggarap ruas tol Batang-Semarang, Ciawi-Sukabumi, dan Pejagan. "Pengerjaan ruas tol ini bertahap," tutur Hiramsyah.

antique.putra@vivanews.com

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Bongkar Kelakuan Pasangan yang Posesif: Sindir Rizky Irmansyah?

Menurut Nikita Mirzani, kebanyakan orang sedang jatuh cinta dan menjalani hubungan asmara, tidak bisa menyadari sampai mana batasan mereka membuat hubungan yang sehat

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024