Jangan Lupa, Pap Smear Gratis Mulai Hari Ini!

VIVAnews - Dalam rangka hari jadi 'Perempuan Peduli Kanker Serviks' (PPKS) yang pertama, supporting group ini mengundang 2000 wanita khusus yang tinggal di wilayah di Jabodetabek untuk mengikuti acara Pap Smear gratis.

Melihat antusiame peserta yang tinggi membuat PPKS menambah 10 undangan khusus wanita, sehingga menjadi 2010 wanita.  Acara yang tadinya hanya berlangsung 4 hari pun diperpanjang hingga 9 hari. Kegiatan Xtra Peduli bagi Xtra Perempuan ini akah digelar mulai hari ini. Dari 26 Januari - 3 Februari 2010.

“Waktunya diperpanjang dan jumlahnya ditambah karena banyak sekali yang berminat. Dalam sehari, kami menerima 250 telepon yang ingin mendaftar. Untuk itu, sebagai bentuk kepedulian kami, waktu dan jumlah undangan ditambah,” kata Ketua Umum YKI Adiati Arifin dalam acara Satu Tahun Peringatan PPKS-YKI, di Gedung Kementrian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin 25 Januari 2010.

Berdasarkan data yang dimilikinya, kasus kanker serviks atau leher rahim di Indonesia menunjukkan angka yang cukup tinggi , hal ini disebabkan kurangnya kesadaran untuk melakukan deteksi dini, sehingga sebagian besar penyakit ini ditemukan pada stadium lanjut dan menyebabkan kematian, karena kanker serviks tidak menimbulkan gejala. “Setiap perempuan memiliki risiko terkena kanker serviks tanpa melihat kondisi sosial, ekonomi, status dan usia,” ujarnya menjelaskan.

Bahkan, kanker serviks bisa menimbulkan beban yang sangat besar, tidak saja bagi perempuan yang terkena namun juga bagi keluarganya. Seringkali bagi mereka yang terkena berada pada masa produktif, ketika mereka selain berperan sebagai ibu juga sebagai pencari nafkah.

“Sebagai gambaran, biaya pengobatan dan terapi pra kanker/kanker serviks mulai dari pembedahan/pengangkatan rahim, radioterapi, kemoterapi, kolposkopi, hingga biopsi bisa menghabiskan sekitar Rp 60 juta. Agar Anda tidak terbebani dengan biaya pengobatan ini, cegah dan lakukan paps smear untuk mendeteksinya mulai dari sekarang,” katanya dengan tegas.

Karena itu, ayo, jangan ketinggalan. Acara akan mulai digelar pada pukul 08.00-14.00 WIB. Dan, diadakan di 3 lokasi, yaitu:

* YKI Pusat - Jl. Sam Ratulangi no. 35, Menteng - Jakarta Pusat
* YKI DKI - Gedung Graha YKI, Jl. Sunter Permai Raya no. 2 - Jakarta Utara
* YKI Lebak Bulus - Jl. Lebak Bulus Tengah no. 9 - Jakarta Selatan

Persyaratan untuk mengikuti kegiatan ini adalah:
- wanita menikah/sudah melakukan hubungan seksual.
- tidak sedang mengalami haid.

Jika ingin mengetahui kondisi kesehatan organ reproduksi Anda, segera datangi lokasi pemeriksaan dan daftarkan diri Anda.

Kubu 03 Batal Hadirkan Kapolda, Yusril: Gara-gara Saya Gertak, Enggak Berani Muncul
Ilustrasi Ibu Bekerja

Deretan Negara yang Memiliki Work Life Balance Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?

Di seluruh dunia, masyarakat semakin menyadari pentingnya menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan, yang dikenal sebagai work life balance.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024