Pembobolan Uang Via ATM

Modus Skimmer ATM Juga Dipakai Pada 2009

VIVAnews – Satu dari delapan pembobol ATM BCA berinisial AR yang ditangkap polisi pada 2009 lalu diketahui pernah mengenyam pendidikan di salah satu sekolah jurusan IT di Australia. Itu sebabnya dia punya cukup pengetahuan soal strategi membobol rekening melalui ATM.

Berbekal pengetahuan tentang IT yang lumayan itulah, setiap kali beraksi selama rentang waktu tiga bulan di 2009, AR yang dibantu rekan-rekannya itu selalu sukses menyedot uang milik nasabah. Dan kalau dihitung-hitung, total hasil kejahatan mereka mencapai Rp 5 miliar. 

AR dan teman-teman punya strategi yang sebelumnya sama sekali tidak terdeteksi polisi. Yakni menggunakan alat berupa skimmer atau alat penyadap PIN yang biasanya dipasang di mulut mesin ATM atau di mesin EDC.

Pada waktu itu polisi harus bekerja ekstra keras untuk mengungkap kasus pembobolan demi pembobolan yang terus dilaporkan nasabah kepada polisi. Upaya polisi membuahkan hasil. Akhirnya AR ditangkap di Jelambar, Jakarta Barat.

Dari hasil penyidikan, polisi tahu kalau AR ini merupakan salah satu anggota jaringan pembobol uang kelas internasional. "Otaknya ada di Kanada," kata sumber VIVAnews di kepolisian.

Setelah melalui tiga kali persidangan, kasus pembobolan yang dilakukan AR ini dapat dibuktikan. Kini, AR ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Salemba, Jakarta Pusat.

Kepala Satuan Kejahatan dan Kekerasan Polda Metro Ajun Komisaris Besar Nico Afinta enggan menjelaskan lebih rinci modus operasi dan jaringan  para pembobol uang serta bank-bank yang pernah dikerjai.

"Kami sudah berkomitmen dengan bank. Karena bank tidak ingin menimbulkan kekhawatiran nasabah," kata Nico.

Senada dengan Nico, Kepala Bidang Humas Polda Metro Komisaris Besar Boy Rafli mengatakan polisi berkewajiban menjaga situasi agar tetap kondusif.

“Tidak ada rahasia, tapi dampaknya untuk perekonomian," kata Boy.

Boy kemudian menjelaskan beberapa modus yang mungkin dilakukan para pembobol ATM. Salah satu di antaranya adalah dengan alat skimmer. selain itu, melalui sistem data base bank. "Namun yang sistem data base ini belum terjadi," kata  Boy.

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Salah satu tantangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka nanti adalah persoalan konflik di Papua. Jusuf Kalla yang pernah tangani konflik Aceh, ikut memberi saran

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024