ATM Bank Dibobol

Mantan Pelaku: Skimming Dipilih karena Mudah

VIVAnews - Kasus pembobolan rekening nasabah bank dengan modus pencurian data magnetik (skimming) kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) merajalela di seluruh dunia. Di Indonesia, ada enam bank yang berhasil disusupi yaitu BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Permata dan Bank Internasional Indonesia.

Skimming kartu ATM ini juga meresahkan penduduk Amerika Serikat (AS), Australia, dan negara-negara di Eropa. Bekas pelaku kasus kejahatan cyber yang kini bekerja untuk Dinas Rahasia Amerika Serikat (AS), Dan DeFelippi menduga gerombolan penjahat memilih modus ini karena sangat mudah dilakukan.

"Jika Anda dapat menghubungkan kamera ke komputer atau perekam video ke televisi, Anda bisa melakukan skimming. Anda dapat membeli alatnya (skimmer) dan tinggal memasangnya saja, semudah itu," kata DeFelippi dalam wawancara dengan stasiun televisi lokal New York, News Channel 13Wham.

Selain itu, DeFelippi mengungkapkan ada banyak laman yang menyediakan tutorial melakukan skimming atau kejahatan cyber lainnya. Beberapa laman, menurut DeFelippi, bahkan menjual nomor kartu debit atau kredit dengan harga murah.

Misalnya laman DarkMarket yang dikendalikan mantan pegawai Pizza Hut, Renukanth Subramaniam, 33 tahun. Suratkabar The Guardian mengabarkan DarkMarket merupakan salah satu situs kejahatan cyber berbahasa Inggris terbesar di dunia. Laman ini menawarkan tutorial pengambilalihan rekening bank, pemalsuan kartu kredit, hingga metode pencucian uang.

DarkMarket juga menjual skimmer dengan harga US$ 7.000. Paket berisi sepuluh data curian dapat dibeli dengan harga US$ 50 hingga US$ 80. Data milik korporasi dihargai US$ 180 per paket.

DeFelippi memberi sejumlah tips agar Anda terhindar dari kejahatan skimming kartu ATM, berikut di antaranya:

- Skimmer bisa jadi terpasang menutupi lubang tempat Anda memasukkan kartu ATM jika Anda tidak dapat melihat lampu LED di mulut lubang.

- Perhatikan kotak berisi brosur yang dapat menyembunyikan keberadaan kamera pengintai yang dapat menangkap nomor rahasia (PIN) Anda.

- Sebaiknya tidak berpindah-pindah mesin ATM sehingga Anda dapat mengenali cara operasi dan mengetahui setiap perubahan yang terjadi.

- Hindari ATM drive-through di mana Anda kurang memperhatikan keadaan sekitar akibat merasa diburu pengemudi di belakang Anda. ATM paling aman adalah ATM di bank atau tempat ramai seperti pusat perbelanjaan.

- Segera hubungi layanan bantuan bank jika mesin ATM menyatakan tidak dapat beroperasi (out of order) dan tidak dapat mengeluarkan uang padahal Anda telah memasukkan kartu ATM dan PIN.

Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan
Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae.

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

OJK meminta masyarakat untuk tidak panik merespons meningkatnya tensi geopolitik antara Iran-Israel.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024