Angket Bank Century

Robert Tilep Duit Nasabah Rp 1,2 Triliun

VIVAnews - Mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji mengungkapkan perampokan yang dilakukan eks pemilik Bank Century, Robert Tantular. Perampokan yang dikategorikan murni kejahatan perbankan ini mencapai Rp 1,298 triliun.

"Duit nasabah yang dicuri Robert Tantular dengan cara digasak lebih kurang Rp 1,298 triliun. Itu duit Century, murni kasus perbankan," kata Susno saat menjadi saksi dalam pansus  Hak Angket Century di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 20 Januari 2010.

Dana tersebut disembunyikan di sejumlah negara dan sebagian sudah dibekukan. Kepolisian bersyukur karena bisa mengamankan sebagian besar dana-dana tersebut. "Kalau kasus perbankan sebelumnya, kita tidak pernah bisa melacak lebih dari lima persen," kata Susno.

Di Hong Kong, tim menemukan aset Robert sebesar US$ 19,25 juta di USB Hong Kong. Selain itu, ditemukan aset Hesham al Warraq dan Rafat Ali Rizvi sebesar US$ 1,164 miliar di Hong Kong.

Selain di Hong Kong, aset-aset tersebut kebanyak ditempatkan di wilayah abu-abu, seperti kepulauan Jersey sebesar US$ 16,5 juta milik Robert Tantular. "Untungnya pemerintah di sana mau kerjasama dengan kita," kata Susno.

Selain di Jersey, Robert juga menyimpan dana di British Virgin island, Cayman Island, Greensey serta dekat Guantanamo, Cuba sebesar US$ 14,8 juta milik Robert. "Ada lagi di Bermuda sebanyak US$ 72,27 juta."

Tidak hanya itu, pemegang saham lain Hisham Rafat yang diyakini juga atas sepengetahuan Robert melarikan modal bank dalam bentuk surat berharga sebesar US$ 220 juta ke bank di Swiss, yang juga sudah proses pembekuan. Di Inggris, istri Robert menempatkan dana di Private Management dengan saldo 872 ribu dan Liquid Alternative Invesment sebesar US$ 55 ribu.

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun
Herjuniot Ali

Cerita Herjunot Ali yang Sudah 20 Tahun Jadi DJ

Lebih lanjut, Herjunot Ali menuturkan bahwa menjadi seorang DJ memberinya sensasi yang berbeda dibandingkan dengan akting. 

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024