Jurus Mulia Membantu Bos di Saat Krisis

VIVAnews - Ingin tetap berbuat kebajikan di tengah resesi ekonomi? Mungkin cara pegawai restoran di kota Muskegon, negara bagian Michigan, Amerika Serikat (AS) berikut ini bisa menjadi inspirasi.

Pekerja restoran panekuk (kue dadar) Mr. B's Pancake House menemukan cara mulia untuk menyelamatkan bos dan restoran tempat mereka kerja. Akhir-akhir ini, akibat terpaan badai ekonomi, pengunjung restoran Mr. B mulai menurun.

Untuk itu, seorang pegawai bernama Mary VanDam menanyai pekerja lain kalau-kalau mereka rela tidak dibayar dalam satu kali giliran kerja (shift). Ini demi membantu bos mereka, Dave Barham, untuk menyelamatkan keuangan restoran.

Sebanyak tujuh belas pelayan, koki, pencuci piring, kasir, dan kepala pelayan yang mendapat jatah shift siang pada 18 Januari hanya menerima tips pengunjung sebagai upah.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

"Ini bisnis yang luar biasa. Kami ingin melihat restoran ini sukses," kata VanDam kepada media lokal, The Muskegon Chronicle, Selasa 27 Januari 2009.

Mendengar usaha baik pekerja resoran, para pelanggan merasa tersentuh. Mereka memberi tips lebih banyak daripada biasanya. Dan atas nama keadilan, para karyawan membagi persenan itu sama rata, masing-masing bisa membawa pulang US$ 51 (sekitar Rp 570 ribu).

"Tidakkah ini sangat berarti?" tanya Barham. Barham mengatakan kalau dia tidak ingin orang-orang berpikir bisnisnya dikelola dengan uang minim, tetapi krisis ekonomi memang mencekik semua orang.

VanDam mengatakan bahwa Barham pernah membayar gaji pegawai dari koceknya sendiri, bahkan lebih dari sekali. Akhirnya, pegawai restoran bekerja suka rela tanpa bayaran, tetapi hanya untuk satu kali shift.

"Kami harap kami bisa membuat Barham menghemat US$ 5 ribu (sekitar Rp 55,9 juta)," kata VanDam. "Kami ingin membalas kebaikannya, untuk sedikit mengangkat bebannya," lanjut VanDam. (AP)

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024