Bangun Tidur Tanpa Rasa Lelah

VIVAnews – Semangat di pagi hari adalah modal penting menjalani seluruh kegiatan sepanjang hari. Tapi terkadang kita bangun tidur dengan rasa enggan. Bisa karena tidur yang kurang nyaman ataupun rasa letih yang menggayut tubuh.

Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

Kondisi tubuh yang kelelahan itu bisa membuat mood kita ikut terganggu dan hasilnya, bisa-bisa kita justru uring-uringan sepanjang hari. Kunci utama bangun dengan segar di pagi hari adalah tidur yang cukup dan nyaman.

Hal apa saja yang sering membuat kita terbangun dengan rasa lelah?

Park Serpong Jadi Lokasi Bukber Dispar Banten, Intip Potensi Bisnis dan Kontribusinya ke Daerah

Kasur dan bantal Anda yang kurang nyaman

Kasur dan bantal sangat berpengaruh untuk mendapatkan tidur yang nyaman dan nyenyak. Meskipun cukup tidur, jika kasur dan bantal tak nyaman, saat bangun Anda justru merasa sakit di leher dan punggung.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Selama kita tidur, bantal menyangga leher yang menjadi tempat berkumpulnya saraf. Jika posisi leher saat tidur tidak benar, bisa menyebabakan cedera. Sebaiknya selalu cek kondisi kasur dan bantal Anda.

Sering terbangun di malam hari

Jam tidur yang banyak, tetapi sering terbangun di malam hari justru bisa mengganggu kesehatan. Terkadang kita sering terbangun di malam hari dan kesulitan untuk kembali tidur. Selain mengurangi jam tidur, hal itu juga membuat kita lebih mudah lelah saat bangun pagi.

Agar tak terbangun saat tidur, simak hal-hal berikut ini:
- Perhatikan pencahayaan kamar. Lampu yang terlalu terang bisa mengganggu tidur kita.
- Jaga kondisi suhu kamar tetap pada level nyaman, tidak terlalu panas atau dingin.
- Pergilah ke kamar mandi sebelum tidur untuk buang air kecil sehingga Anda tak perlu terbangun di malam hari untuk pipis.

Terlalu lama bekerja di dalam ruangan

Apakah Anda bekerja dalam ruangan tertutup sepanjang hari? Jika ya, hal itu bisa menimbulkan rasa lelah yang biasa disebut sick building syndrome. Gejala pening, mual, muntah dan sebagainya terjadi karena terlalu banyak dalam ruangan sehingga kekurangan oksigen segar, jarang terkena sinar matahari, radiasi computer, dan juga racun polutan dalam ruangan.

Jika terbawa saat pulang kerja, rasa lelah itu lama-lama akan menumpuk dan membuat Anda bangun dalam kondisi lelah di pagi hari. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda sering meluangkan sedikit waktu untuk keluar dari ruangan kantor, menghirup udara segar. 10-15 menit cukup untuk mengisi otak dengan oksigen. Lakukan tiap 2-3 jam sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya