Isu Pencopotan Sri Mulyani Rumor Buruk

VIVAnews - Kepala Ekonom Bank Negara Indonesia Tony Prasetiantono berpendapat, isu pencopotan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati adalah 'Rumor Buruk'.

Nikita Mirzani Ajak Perempuan Berani Sudahi Hubungan Toxic

Pasalnya benar atau tidaknya isu itu bergulir, belitan masalah Bank Century ke Sri Mulyani belum selesai. "Isu deal politik itu akan jadi sejarah presiden yang buruk," ujar Tony di Jakarta, Senin, 18 Januari 2010.

Deal politik, kata dia, dianggap bukan kondisi yang sehat untuk sebuah sistem pemerintahan. Efek besar dari hal-hal seperti ini adalah menurunkan kredibilitas pemerintah. "Ini akan menyulitkan pemerintah, jika mereka harus mempengaruhi dan meng-convince (meyakinkan) pasar," tutur Tony.

Tony mengakui, semua kalangan perlu berhati-hati menyikapi isu tersebut. Pasalnya, Menteri Keuangan belum terbukti bersalah secara hukum. Jika informasi ini menjadi nyata, dampaknya yang ada bisa kontraproduktif.

Sri Mulyani sendiri dalam kasus Century masih sulit dicari titik temunya menyangkut tiga hal esensial. Pertama, apakah penutupan Century berisiko sistemik atau tidak, kedua dana bailout itu merupakan keuangan negara ataukah "keuangan negara yg dipisahkan", dan ketiga berkaitan status legal dari Perppu yg dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan PMS bagi Century.

"Sri Mulyani harus dibuktikan dulu kesalahannya. Kalau tidak, pasar bisa merepons negatif dan menimbulkan ketidakpastian," ujar Tony.

antique.putra@vivanews.com

Ilustrasi motor bekas

Stok Motor Bekas Berlimpah saat Pertengahan Tahun, Ini Penyebabnya

Tren jual beli motor bekas cenderung meningkat secara signifikan baik sebelum Hari Raya Idul Fitri maupun usai Mudik Lebaran. Banyak orang yang membutuhkan kendaraan untu

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024