Angket Century

BI: Wajar, Talangan Century Cair Malam Hari

VIVAnews- Deputi Gubernur Bank Indonesia Budi Mulya mengatakan pencairan Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) diberikan kepada Bank Century malam hari untuk menghindari pemburukan Bank Century.

Budi Mulya sebagai Deputi yang membawahi pengelolaan moneter bertugas untuk menginjeksi likuiditas baik kepada sistem perbankan dan individual bank. Sebelum dicairkan FPJP, diperiksa terlebih dulu agunannya mulai dari aset kredit.

Menurutnya, jika terjadi pencairan malam hari dikarenakan proses penilaian telah dilakukan. "Tentu wajar itu bisa cair malam hari karena itu ada proses yang dipenuhi itu," katanya dalam Pansus Bank Century DPR di Jakarta Kamis 7 Januari 2010.

Pencairan 14 November 2008 dilakukan karena pada 13 November 2008 kalah kliring. "Jika tidak maka akan bermasalah seterusnya sehingga nanti keputusan FPJP 14 November akan tidak optimal," katanya.

Seperti diketahui FPJP dicairkan pada 14 November pukul 20.43 WIB. Total jumlah FPJP Rp 689 miliar yang dicairkan dalam beberapa tahap.

Menurutnya, jika memang ada penarikan dari deposan besar sesudah pencairan FPJP dicairkan maka hal itu di luar pertimbangan Rapat Dewan Gubernur (RDG). Pertimbangan pencairan FPJP dikarenakan pada 13 November Bank Century mengalami kalah kliring, dan situasi yang panik pada saat itu karena beberapa bank mengalami kesulitan.

Pencairan FPJP digunakan untuk menutup Giro Wajib Minimum (GWM) yang tak bisa dipenuhi oleh Bank Century, "Lalu pemburukan terjadi lebih cepat sehingga FPJP tak cukup sehingga masalah kemudian beralih ke solvabilitas, bukan hanya likuiditas saja," katanya.

Menurutnya fasilitas itu wajar untuk mengamankan keruntuhan di pasar uang antar bank yang mengalami kesulitan likuiditas. Bank sentral dimanapun juga membuka keran likuditas seperti The Fed yang juga melakukan hal tersebut.

Dia membantah pertanyaan dari anggota Pansus yang mempertanyakan mengapa deposan besar Boedi Sampoerna bisa menarik dananya setelah FPJP disuntikkan.

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai

"Tidak ada yang kami ketahui atas individu Boedi Sampoerna, kecuali memang untuk kestabilan moneter," katanya.

Deretan mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Pusat.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Bagi Anda yang ingin merasakan ketangguhan dan kemewahan Pajero Sport generasi ketiga tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, pasar mobil bekas menawarkan pilihan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024