Dewan Pers 2010-2013 Diumumkan Hari Ini

VIVAnews - Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) Dewan Pers akan memilih sembilan anggota Dewan Pers untuk masa bakti 2010-2013, Kamis, 7 Januari 2009. Sekretaris BPPA Abdul Manan mengatakan BPPA akan mengadakan sidang mulai pukul 13.00 WIB.

"Paling cepat sidang selesai dalam tiga jam dan akan langsung mengumumkan anggota Dewan Pers baru," kata Manan ketika dihubungi VIVAnews.

Manan mengaku belum mengetahui mekanisme pemilihan yang akan digunakan dalam sidang. Namun dia menjelaskan jika merujuk ke pemilihan sebelumnya, kemungkinan besar kesembilan anggota Dewan Pers itu akan dipilih tujuh anggota BPPA dan tiga anggota Dewan Pers saat ini.

"Ini baru usulan, mungkin awalnya masing-masing calon akan dipromosikan pengusulnya lalu baru menentukan mekanisme pemilihan, apakah akan melalui aklamasi atau pemilihan sembilan nama oleh BPPA dan tiga anggota Dewan Pers," tutur Manan.

Saat ini BPPA telah memiliki 18 calon anggota Dewan Pers yang mewakili wartawan, perusahaan pers, dan masyarakat. Manan mengatakan BPPA akan memilih masing-masing tiga nama dari setiap unsur.

Calon-calon anggota Dewan Pers antara lain, Bambang Harymurti, Bekti Nugroho, Hendri Ch. Bangun, Heru Hendratmoko, Ilham Bintang, dan Margiono mewakili unsur wartawan.

Kemudian dari unsur perusahaan pers terdapat ABG Satria Naradha, Danie Hindrawan Soe'oed, Mario Alisjahbana, M. Ridlo 'Eisy, Shidki Wahab, Timbo Siahaan, dan Zulfiani Lubis. Sementara masyarakat diwakili Agus Sudibyo, Amir Effendi Siregar, Bagir Manan, CHR Alex Kumara, Kamsul Hasan, dan Wina Armada.

Awalnya BPPA berhasil menyaring 39 nama dari seluruh calon yang mendaftar pada akhir November hingga 10 Desember 2009 lalu. Nama-nama itu didapatkan berdasarkan seleksi administrasi dan seleksi konten.

Manan menegaskan bahwa calon anggota Dewan Pers harus memiliki pengetahuan mendalam mengenai Undang-undang Pers dan memiliki komitmen untuk kebebasan pers di Indonesia.

BPPA Dewan Pers 2010-2013 beranggotakan Karni Ilyas (ketua, mewakili Asosiasi Televisi Indonesia/ATVSI), Abdul Manan (sekretaris, mewakili Aliansi Jurnalis Independen), dan Asmono Wikan (Serikat Penerbit Suratkabar/SPS).

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

Selain itu juga Imam Wahyudi (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia/IJTI), Irwan Hidayat (Persatuan Radio Siaran Swasta Indonesia/PRSSNI), Jimmy Silalahi (Asosiasi Televisi Lokal Indonesia/ATVLI), dan Priyambodo RH (Persatuan Wartawan Indonesia/PWI).

Singapore Tourism Board Memperbaharui Kemitraan dengan GDP Venture

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Hasil dari kerjasama ini, ia akan mendorong kuat minat para wisatawan Indonesia untuk berwisata ke Singapura.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024