Tahun Ini Gas Kota Masuk Depok & Bekasi

VIVAnews - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengalokasikan dana Rp 180 miliar untuk pembangunan infrastruktur pembangunan jaringan gas kota di empat wilayah.

"Ini anggaran untuk tahun 2010," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Evita Herawati Legowo di Kementrian Energi, Jakarta, Rabu 6 Januari 2009.

Evita menjelaskan, empat wilayah yang akan dibangun infrastruktur gas kotanya yaitu Depok, Sidoarjo, Tarakan, dan Bekasi. Penyambungan itu masing-masing akan dilakukan di dua kelurahan dengan sambungan sekitar 4.000 rumah tangga.

Berdasarkan data Ditjen Migas, rencananya dalam lima tahun ke depan jaringan gas kota akan dibangun di 18 kota. Pembangunan dilakukan secara bertahap hingga 2014.

Untuk tahap pertama, jaringan distribusi gas dibangun di Palembang dan Surabaya sudah mulai sejak 2009. Untuk Surabaya, diperuntukkan bagi 3.200 rumah tangga yang tersebar di dua kelurahan yaitu, Kelurahan Kalirungkut dan Rungkut Kidul.
Sedangkan untuk Kota Palembang, pembangunan jaringan pipa gas kota diperuntukkan bagi 4.200 rumah tangga di Kelurahan Lorok Pakjo dan Siring Agung.
Pada 2011 akan dibangun di rumah susun Jabodetabek, Provinsi Jambi dan Makassar, Sulawesi Selatan.

Jaringan distribusi gas di Bangkalan (Madura), Balikpapan (Kaltim) dan Semarang (Jateng) akan dibangun pada 2012.  Tahun selanjutnya akan dibangun di Sorong (Papua), Pekanbaru (Riau), dan Subang (Jabar).

Terakhir pada 2014, jaringan distribusi gas dibangun di Samarinda (Kaltim), Muara Enim, dan Lampung.

hadi.suprapto@vivanews.com

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia
Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi diwakili tim pemenangan mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Sumut 2024, di Kantor DPD PDIP Sumut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024