Mustafa: Jumat, Penetapan Harga Saham PP

VIVAnews - Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengungkapkan, pembahasan penetapan harga (pricing) saham perdana PT Pembangunan Perumahan (PP) akan diputuskan pada Jumat 8 Januari 2010.

"Hari Jumat ini diharapkan sudah ada pricing-nya," kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu 6 Januari 2010.

Menurut Mustafa, persentase saham PP yang bakal dilepas pada penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) maksimal 30 persen. 

Sebelumnya, Direktur Keuangan Pembangunan Perumahan Tumiyana mengatakan, masa pembentukan harga (bookbuilding) akan dimulai pada Selasa 12 Januari 2010. Sedangkan pernyataan efektif diharapkan pada 28 Januari 2010.

Pembangunan Perumahan berencana mencatatkan saham (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 8 Februari 2010. Sepanjang 2009, perseroan mencatatkan pendapatan Rp 4,2 triliun dan laba bersih Rp 163 miliar.

Perolehan laba bersih itu naik dibanding estimasi sebelumnya Rp 140 miliar.

Menurut dia, perseroan berencana melepas 21,4 persen saham ke publik melalui mekanisme IPO.

Tumiyana menjelaskan, perusahaan hanya merealisasikan pelepasan sebanyak 21,4 persen saham, meski Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengizinkan maksimal melepas 30 persen.

Paska IPO, kepemilikan pemerintah tetap 51 persen, karyawan 27,6 persen dan sisanya publik. Dana hasil IPO akan digunakan untuk pengembangan usaha sebesar 60 persen dan 40 persen sisanya untuk menambah modal kerja.

arinto.wibowo@vivanews.com

Toyota Luncurkan Fortuner Edisi Terbaru, Dapat Fitur Menarik
Lazio vs Juventus

5 Fakta Menarik Juventus Melangkah ke Final Coppa Italia

Juventus menelan kekalahan atas Lazio dengan skor 1-2 dalam Semifinal Coppa Italia leg kedua di Stadion Olimpico pada Rabu dini hari tadi, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024