ICW: SBY Tak Perlu Khawatir Aksi 9 Desember

VIVAnews - Indonesian Corruption Watch (ICW) menilai pemerintah (Presiden Susilo Bambang Yudhoyono) tidak perlu khawatir terhadap aksi 9 Desember 2009.

Menurut Koordinator ICW Danang Widoyoko, aksi tersebut untuk memperingati hari korupsi sedunia. Tentunya, adanya kelompok masyarakat yang turut menyuarakan pemberantasan korupsi merupakan perkembangan bagus. "Korupsi menjadi konsen semua orang," ujarnya melalui sambungan telepon, Minggu, 6 Desember 2009.

Dia menilai, aneh ketika Presiden SBY mengeluarkan pernyataan bernada khawatir pada aksi tersebut. Sebab, demonstrasi tersebut bertujuan mengingatkan presiden pada janji kampanyenya. "Ketika maju capres (calon presiden) kan, kampanye memberantas korupsi," ujar Danang.

Namun, Danang mengaku perkembangan saat ini justru cenderung sebaliknya, sehingga membuat masyarakat marah dan berdemonstrasi. "Akar persoalan aksi dukung korupsi, mengkritik presiden yang seakan setengah hati. Kalau kemudian memberantas korupsi all out tidak ada masalah," kata dia.

Dia menambahkan, aksi kelompoknya pada 9 Desember nanti diperkirakan bakal tertib. Sebab, tidak ada skenario kekerasan untuk membuat chaos. "Tapi kan kita tahu kemarin, ada kelompok massa bayaran, kekerasan bisa saja terjadi kalau mau dibenturkan. Ya, mudah-mudahan tidak," ujar Danang.

Seperti diketahui, Presiden SBY mencurigai bahwa gerakan antikorupsi 9 Desember akan disusupi kepentingan-kepentingan politis. "Motifnya lain, tidak dalam rangka pemberantasan korupsi. Ada muncul satu tokoh yang lima tahun terakhir ini tiba-tiba muncul, ya selamat datang," kata presiden di Istana Negara, Jumat, 4 Desember 2009.

antique.putra@vivanews.com

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia
Ilustrasi paspor.

Imigrasi Bali Tahan Paspor Hyoyeon Girls Generation, Bomi Apink hingga I.O.I Im Nayoung

Saat ini, semua pemeran dan kru, dengan total sekitar 30 orang, paspor mereka disita. Sementara itu mereka tinggal di sebuah hotel dan kasus ini sedang diselidiki.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024