Peduli Bumi Ala Oppie Andaresta

VIVAnews - Gunakan listrik seperlunya. Jangan biarkan perangkat elektronik Anda menyala tanpa manfaat. Dengan semangat penyelamatan bumi, penyanyi Oppie Andaresta mengajak masyarakat terlibat dalam kampanye perubahan iklim global.

Oppie memulainya dengan hal-hal sederhana seperti tak membiarkan televisi menyala tanpa ada yang menonton. "Gue paling cerewet soal pemakaian listrik," kata Oppie, dalam acara Green Festival 2009, di Senayan, Minggu, 6 November 2009.

Tak hanya televisi, Oppie juga ketat dalam manajemen pemakaian listrik rumah tangga seperti lampu dan peralatan dapur. "Listrikkan bayar, dari segi kantong hemat, selai itu hemat energi juga," ujarnya. "Simple kan."

Di Jakarta, kampanye penyelamatan bumi pernah dilakukan melalui program Earth Hour pada Sabtu, 28 Maret 2009 pukul 20.30 - 21.30. Program yang dicanangkan organisasi lingkungan World Wildlife Fund, itu mengajak masyarakat mematikan lampu secara serempak selama satu jam.

Data WWF, mematikan lampu selama satu jam di wilayah Jakarta akan menghemat 10 persen dari konsumsi listrik rata-rata per jamnya atau sekitar 300 megawatt. Daya itu cukup untuk mengistirahatkan satu pembangkit listrik dan mampu menyalakan 900 desa.

Dengan dukungan penuh masyarakat, program itu juga mampu mengurangi beban biaya listrik Jakarta sekitar Rp 200 juta. Mengurangi emisi CO2 sekitar 284 ton. Menyelamatkan lebih dari 284 pohon dan menghasilkan O2 bagi 568 orang.

Jadi mari kita dukung langkag Oppie.

Surya Paloh Akui Berkontemplasi Lama Sebelum Putuskan Gabung ke Koalisi Prabowo
Siswa pelaku aksi tawuran diperiksa Polres Purworejo.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

Peristiwa ini terekam dalam video yang viral di media sosial. Video menunjukkan sekelompok pelajar terlibat perkelahian di jalanan Purworejo sambil membawa sajam.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024