Apa Kata JK Soal Ketua Pansus Century

VIVAnews - Anggota Fraksi Partai Golkar Idrus Marham terpilih sebagai ketua panitia khusus (pansus) angket Bank Century. Ia akan memimpin pengusutan skandal Bank Century melalui hak angket anggota dewan.

"Saya kira (Idrus) mampu. Kan hanya moderator saja. Yang menentukan kan 30 orang itu," kata mantan Ketua Umum Partai Golkar, Jusuf Kalla, yang ditemui saat menghadiri Festival Menteng, di Taman Menteng, Minggu, 6 Desember 2009.

Idrus terpilih melalui mekanisme voting yang berlangsung pada Jumat malam lalu. Idrus mendapatkan dukungan 19 dari total 30 anggota pansus. Dalam kepanitiaan itu, Idrus didampingi tiga wakil yaitu Gayus Lumbuum dari Fraksi PDIP, Yahya Sacawirya dari Fraksi Partai Demokrat, dan Mahfudz Siddiq dari Fraksi Partai PKS.

Kursi ketua pansus sempat menjadi perdebatan sejak usulan angket angket Century bergulir. Posisi itu sempat menjadi incaran sejumlah fraksi seperti Demokrat, PDIP, PKS, dan Golkar. Sebelum voting dilakukan, anggota pansus melakukan lobi. Dukungan terhadap Idrus diperkirakan berasal dari anggota pansus yang tergabung dalam fraksi koalisis pemerintah.

Penggunaan hak angket ini dipicu persetujuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesia untuk mengucurkan dana talangan kepada Bank Century yang tengah dilanda bangkrut sebesar Rp 6,7 triliun. Angka itu tiga kali lipat dari yang disetujui parlemen.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro
Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Partai Keadilan Sejahtera, siap menggelar karpet merah untuk Prabowo Subianto, Presiden terpilih Pilpres 2024. Itu akan dilakukan jika Prabowo hadir di halal bi halal PKS

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024