Malam Ini, Musisi Jazz Nasional Gebrak Solo

VIVAnews -- Musisi jazz nasional akan meramaikan pentas musik jazz Solo City Jazz, mulai malam ini, Jumat, 4-5 Desember 2009 di pasar tradisional Windujenar.

Dengan mengambil tema Jazz Up Batik pentas kali ini akan dihadiri musisi jazz nasional lintas generasi seperti Andien, Maya Hasan, Rindra Padi, Yovie Widianto Fusion hingga musisi jazz era 1980-an seperti Bintang Indrianto, Roedyanto Wasito, Donny Suhendra.

Selain akan dihadiri musisi jazz papan atas, pentas kali ini cukup menarik lantaran digelar di pasar tradisional. Akan hadiri juga musisi asal Solo seperti I Wayan Sadra dengan Sono Seni Ensemble, Temperente juga grup musik Clorophyl asal Yogyakarta.

"Sekarang giliran Solo yang punya hajatan musik jazz. Gelaran ini bukan gelaran musik yang asal-asalan. Dibuktikan dengan musisi jazz yang dihadirkan, tak tanggung mereka yang memang sudah punya nama," jelas Gideon Momongan sebagai Director Show Solo City Jazz di Solo, Jumat, 4 Desember 2009.

Saat ini, tambah Gideon memang muncul tren gelaran musik jazz seperti di Yogya, Pekanbaru, Ambon. Tetapi jazz bukanlah sebuah trend. Justru gelaran musik jazz yang semakin membumi tersebut adalah wujud pembuktian diri bukan sebuah musik yang eksklusif.

Sementara itu, Rindra Padi mengatakan, apa yang saat ini dia lakukan (ikut dalam pertunjukan musik jazz, red) adalah sebagai wujud pembelajaran.  Ditambah lagi dengan tampilnya dia di Solo, yang menurutnya memiliki poin tersendiri karena Solo memiliki nilai kelokalan yang kuat.

"Yang pasti, saya excited sekali. Siapapun yang mengajak saya main musik jazz, saya pasti mau.  Ini adalah wujud pembelajaran bagi saya bahwa kalau main musik bisa keluar dari sebuah kotak. Selain itu  juga Solo memiliki nilai lokal yang kuat. Bisa dipastikan akan memunculkan pengaruh yang kuat dalam pentas kali ini," jelas Rindra, basis grup band Padi.

Sementara itu Roedyanto Wasito mengatakan bahwa event ini diharapkan menjadi event tahunan. "Saya harap ini menjadi event yang tetap. Karena dengan seringnya digelar pentas musik jazz akan semakin mendekatkan musik jazz dengan audience," tuturnya.

Laporan: Fajar Sodiq | Solo

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura
Phil Foden saat Manchester City vs Manchester United

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Manchester City akan datang ke markas Brighton dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express pada Jumat dini hari nanti, 26 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024