Skandal Bank Century

Duit Robert Tantular di Luar Negeri Rp 10,8 T

VIVAnews - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan menyatakan total aset pemilik lama PT Bank Century Tbk (kini Bank Mutiara), Robert Tantular, di luar negeri mencapai US$ 1,137 miliar atau Rp 10,8 triliun bila dihitung dengan kurs Rp 9.500 per dolar AS. Aset ini termasuk aset-aset perusahaan afiliasi milik Robert.

Kepala PPATK Yunus Husein mengatakan, Tim Penanganan Permasalahan Bank Century sedang menyusun bantuan hukum dan menelusuri aset-aset Robert yang berada di luar negeri.

"Kami yang tergabung dalam Tim Penanganan Century akan ikut melacak bersama anggota tim lain," kata Yunus di Jakarta, Rabu 2 Desember 2009.

Menurut Yunus, Tim Penanganan Permasalahan Bank Century beranggotakan Polri, Departemen Luar Negeri, Departemen Hukum dan HAM, Bank Indonesia, Kejaksaan Agung, Lembaga Penjamin Simpanan, dan Bank Mutiara.

Terharu! Ivan Gunawan Resmikan Sebuah Masjid di Uganda, Ucapkan Rasa Syukur kepada Tuhan

Robert Tantular merupakan pemilik lama Century sebelum diambilalih pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan. Hasil audit investigasi Badan Pemeriksa Keuangan mengungkapkan Robert Tantular sesungguhnya otak atau aktor pengendali ambruknya Bank Century.

Saudari Robert, yakni Theresia Dewi Tantular ditempatkan sebagai Kepala Divisi Bank Notes di Century yang khusus menangani transaksi derivatif.

Mereka juga memainkan reksa dana yang diterbitkan oleh PT Antaboga Delta Sekuritas, perusahaan terafiliasi dengan Grup Bank Century yang dikendalikan oleh Robert Tantular dan adiknya Anton Tantular. Reksa dana itu juga tidak secara resmi didaftarkan dan disetujui oleh Badan Pengawas Pasar Modal.

Dalam beberapa tahun, Dewi Tantular telah menarik dana sebesar US$ 18 juta dari bank ini. Untuk menutupi ketidaksesuaian antara data akunting dengan jumlah uang sebenarnya, pada November 2008, Dewi menarik dana deposito dari deposan besar Surabaya, Boedi Sampoerna yang ditransfer ke cabang Jakarta.

Peluk Pratama Arhan Usai Indonesia Kalahkan Korsel, Azizah Salsha: Super Proud!

hadi.suprapto@vivanews.com

Warga korban banjir di Tasikmalaya mengungsi ke masjid dan kantor desa

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024