Kapolwiltabes Surabaya Diganti

SURABAYA POST -- Jabatan Kapolwiltabes Surabaya diserahterimakan dari Kombes Pol Ronny F. Sompie pada Kombes Pol Ike Edwin. Serah terima jabatan (sertijab) yang dilakukan di gedung Tri Brata Mapolda Jatim itu berlangsung tertutup, Rabu (2/12) pagi.

Sertijab kemudian diikuti pisah sambut yang digelar di tempat yang sama. Sejumlah perwira tinggi hadir dalam sertijab itu seperti Kapolres Gresik AKBP Gagas Nugraha, Kapolres Sidoarjo AKBP Mohammad Iqbal dan sejumlah perwira tinggi lainnya di jajaran Polda Jatim.

Begitu jeda antar acara, baik Ronny yang dipromosikan sebagai Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya dan Ike Edwin pun langsung diminta wartawan untuk melakukan salam komando dengan latar belakang banner Polda Jatim.

Meski sudah beberapa hari ini sudah aktif di Polwiltabes, Ike Edwin sepertinya masih malu-malu ditanya soal rencana-rencana yang bakal dilaksanakannya. “Saya ingin menjadi pelayan orang Surabaya,” kata Edwin. Sekadar diketahui, sebelum menjabat sebagai Kpolwilatabes Surabaya, Ike sebelumnya menjabat sebagai Kapolrestro Jakarta Pusat. 

Salah satu kasus menonjol yang pernah ditangani Ike Edwin adalah kasus penganiayaan yang dilakukan pembalap Ananda Mikola, adiknya Moreno Suprapto, serta aktris Marcella Zalianty.

Ike Edwin merupakan perwira menengah lulusan Akpol 1985. Karirnya terbilang gemilang. Ia cepat dipercaya sebagai Kepala Satuan (Kasat) Ekonomi Polda Metro Jaya. Dari jabatan ini, Ike semakin dipercaya dan diangkatl menjadi Wakil Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

Dari jabatannya itu, ia kemudian menjabat sebagai Kepala Sekolah Kepolisian (SPN) Lido dengan pangkat Komisaris Besar (Kombes). Karirnya terus menanjak, dari jabatan itu ia dipromosikan sebagai Kapolrestro Jakarta Pusat.

Mutasi Edwin ke Polwiltabes Surabaya dan Ronny F Sompie ke Polda Metro merupakan bagian dari proses mutasi 14 perwira tinggi Polri. Dalam Telegram Rahasia (TR) yang ditandatangani Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Polri, Irjen Pol Edy Sunarno tanggal 20 November 2009, terdapat beberapa pejabat Polda Metro yang mendapat promosi seperti AKBP Maruli C.C. Simanjuntak (mantan Kapolres Sidoarjo) sebagai Wakapolres Tangerang.

Petinggi Gerindra: Kemungkinan Pengajuan Hak Angket DPR Hanya 3 Persen

Dalam TR itu juga Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya yang dijabat oleh Kombes Pol Arif Wachyunadi dipromosikan menjadi Kapolda NTB.

Laporan Fathurrahman Al Aziz

Komet.

Komet Setan Muncul Jelang Idul Fitri

Komet Setan atau Devil Comet akan melewati Bumi bersamaan dengan Gerhana Matahari Total (GMT) pada 8 April 2024, atau menjelang Hari Raya Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024