4 Fase 'Kritis' dalam Bercinta

VIVAnews - Kapankah saat-saat terindah dalam kehidupan seks Anda? Ketika berbulan madu? Tahun-tahun pertama perkawinan? Atau Anda nyaris lupa rasanya?

Keluhan yang muncul dari wanita bisa dilihat dari fase-fase ‘kritis’ perkawinan. Persoalan seks yang mengganggu aktivitas bercinta bisa terjadi berkali-kali. Secara umum, ada empat fase di mana seks kemungkinan mengalami masa-masa sulit.

Fase pertama, yaitu pada bulan-bulan pertama perkawinan, dengan catatan pasangan belum pernah melakukan hubungan seks sebelum menikah. Pada bulan-bulan ini, minimnya pengetahuan tentang titik erotis pasangan, seleranya, dan masih adanya rasa malu, memang dapat mengganggu kenikmatan seks.

Fase kedua, adalah setahun atau dua tahun setelah menikah. Ini  biasanya berkaitan dengan keadaan istri yang sedang hamil, melahirkan, lalu mempunyai anak. Sehingga, ada kemungkinan enggan melakukan hubungan intim karena merasa tak nyaman

Fase ketiga, tahun kelima atau keenam pernikahan. Pada masa ini ada perasaan seolah seks dirasakan sebagai rutinitas. Sehingga, pada masa ini mungkin harus ada ekplorasi untuk teknik dan gaya bercinta.

Fase keempat, terjadi pada tahun kesepuluh perkawinan. Ini merupakan puncak-puncaknya seks bukan lagi sesuatu yang menggairahkan dan dirasakan sebagai sesuatu yang monoton saja.

Menurut Val Sampson, psikolog dan konsultan seks untuk Durex Play, satu cara ampuh untuk mengatasi keluhan ini adalah dibicarakan dengan suami. Masalahnya, tidak semua suami bisa diajak ngobrol soal ini.

Namun, kalau problemnya sudah berat, misalnya ada trauma saat berhubungan intim, atau merasa nyeri, maka pergilah ke seksolog, terapis seks, atau psikiater. Yang terakhir ini dilakukan bila berkaitan dengan emosi yang cukup berat dan memerlukan obat-obat tertentu.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024