Darmin Khawatir Bank Dikuasai Asing

VIVAnews - Bank Indonesia tidak akan memaksa permodalan perbankan di Indonesia dengan target minimal modal Rp 100 miliar. Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan modal perbankan berapapun itu, namun yang terpenting adalah kesehatan perbankan itu.

"Permodalan bank kita kalau harus dipaksakan Rp 100 miliar, nanti takutnya malah yang menguasai asing," kata Darmin dalam diskusi Investor Summit 2009 di Ritz Carlton, Rabu 2 Desember 2009.
 
Karena, katanya, dengan pemaksaan modal Rp 100 miliar, sejumlah perbankan diperkirakan harus merger atau dijual agar modalnya mencukupi. Kalau dijual, sudah tentu asing berpotensi masuk karena tidak banyak pemain di sektor keuangan Indonesia yang mampu untuk membeli atau akusisi.
 
"Oleh karena itu, kami tidak memaksakan minimum modal Rp 100 miliar, tapi yang penting sehat sehingga tidak menjadi ancaman sektor keuangan lain," katanya.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024