Magic Jar Hancurkan 9 Rumah

SURABAYA POST -- Kebakaran menghanguskan sembilan rumah petak di kampung Kalisari Kec.Mulyorejo, Surabaya, Rabu (2/12) dini hari. Penyebab kebakaran karena korsleting magic jar.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Kebakaran langsung meluas karena rumah di kampung itu terbuat dari tripleks. Percikan api dari kabel magic jar di rumah Suwarti membakar dinding.

Dalam waktu kurang dari setengah jam, api pun semakin membesar dan menghabiskan sembilan rumah yang masing-masing berukuran kurang lebih 3 x 4 meter.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib

Diakui oleh Suwarti, api memang berawal dari rumahnya. Sedang dirinya sendiri waktu itu tidak mengetahui secara persis awal mula munculnya api yang sepengetahuannya sudah tiba-tiba membesar di atas meja makan.

”Baru setelah itu saya langsung membangunkan bapak dan anak saya,” ujar perempuan berusia 25 tahun ini.

Beri Minuman Bekas ke Sus Rini, Perilaku Manner Nagita Slavina Jadi Sorotan

Setelah satu jam, akhirnya lima mobil pemadam kebakaran dari PMK Tambahrejo dan Pasar Turi yang dikerahkan bisa memadamkan api meskipun tidak bisa menyelamatkan kesembilan rumah yang telah hangus dan rata dengan tanah.

Beruntung, lokasi kebakaran yang berada tepat berdekatan dengan lapangan, membuat proses evakuasi dan pemadaman menjadi lebih mudah dan cepat.

Suwarti pasrah dengan keadaan yang dialaminya. Kini Suwarti dan kesembilan KK lainnya menginap di tenda darurat yang disediakan di lapangan yang berada tepat di depan lokasi kebakaran.

Kanitreskrim Polsek Mulyorejo Aiptu. Soeparmin, memang tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Akan tetapi kerugian puluhan juta rupiah diperkirakan mengiringi ketidakbersisaan kesembilan bangunan itu.

Oleh karena itulah, pihaknya menyarankan agar masyarakat benar-benar mewaspadai akan bahaya arus pendek dari alat-alat elektronik.

”Jangan lupa cabut listrik-listrik yang masih menancap di stop kontak sebelum tidur,” sarannya.

Laporan Arif Junianto

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya